Museum Huta Bolon : Museum Batak di Pulau Samosir

Wisata Danau Toba – Tour Toba

 

Tempat wisata di Sumatara Utara bukan hanya tentang Danau Toba dan Suku Batak. Pulau Samosir juga menyimpan beberapa situs sejarah seperti Museum Hutabolon.

 

Museum ini merupakan tempat wisata yang terkenal di Desa Simanindo, Kabupaten Simosir. Simanindo adalah salah satu kecamatan di Pulau Samosir.

 

 

Apa yang Membuat Museum Huta Bolon Populer?

 

Sebenarnya, Museum Huta Bolon adalah rumah tradisional. Museum ini merupakan warisan dari Raja Sidauruk. Pemerintah mengubah rumah ini menjadi museum pada tahun 1969.

 

 

Tentang Museum Huta Bolon

 

Museum ini awalnya merupakan rumah seorang Raja Batak. Raja ini dikenali karena ketertarikannya pada wanita. Raja Sidauruk memiliki lebih dari 10 istri.

 

Museum ini memiliki tampilan yang unik. Anda bisa melihat sepuluh tanduk kerbau di atapnya.Tidak hanya ini yang dijadikan hiasan, namun tanduknya merupakan 10 generasi dinasti di Batak.

 

 

Di Dalam Museum Huta Bolon

 

 

Museum Huta Bolon memiliki bentuk bangunan yang megah dan dilengkapi dengan barang-barang unik dan bersejarah.

 

Gerbang masuk ke museum ini dihiasi dengan pepohonan yang teduh dan menenangkan. Di dekat situ, Anda bisa menemukan Pemakaman.

 

tourtoba.com - museum huta bolon
Gerbang Masuk Museum Huta Bolon

 

tourtoba.com - museum huta bolon
Pemakaman Khas Batak

 

Barang – Barang Khas Batak di Museum Huta Bolon

Museum Huta Bolon dikelilingi oleh Rumah Tradisional. Di tempat ini,  menampilkan beberapa benda yang mengingatkan akan tradisi Batak, seperti Solu Bolon (Kapal tradisional), Tunggal Panaluan, dan masih banyak lagi.

tourtoba.com - museum huta bolon
Solu Bolon : Kapal Khas Batak

 

Di museum ini Anda bisa melihat senjata, pahatan, ukiran tradisional, alat memasak, dan banyak lainnya khas Batak kuno. Barang-barang ini merupakan warisan masyarakat Batak kuno.

 

Jika Anda datang pada waktu yang tepat, Anda dapat menikmati beberapa pertunjukan tari. Jadi, Anda harus memastikan untuk mengetahui jadwal sebelum mengunjungi museum.

 

 

Salah satu barang khas Batak kuno yang menarik yaitu  Tungkot. Pada zaman dahulu, penduduk setempat banyak menggunakan Tungkot untuk berkelahi.

 

Fungsi sebenarnya dari Tungkot yaitu untuk melakukan Sihir Hitam. Menurut masyarakat setempat, Tungkot memiliki kemampuan untuk menceritakan masa depan.

 

tourtoba.com - museum huta bolon
Tungkot dahulu digunakan Untuk Sihir Hitam

 

Barang lainnya dapat Anda lihat di museum ini adalah Tarombo. Tarombo adalah silsilah Garis Keturunan secara Patrilineal dalam suku Batak.

 

Jika Anda ingin menikmati pertunjukan tari, Anda harus mempelajari jadwalnya. Biasanya dilakukan sebelum tengah hari. Jangan datang hari Minggu karena tidak ada artis disini.

 

tourtoba.com - museum huta bolon
Pertunjukan Tari Sigale-Gale di Museum Huta Bolon

 

Inilah tarian khas  Batak. Disini Anda bisa menikmati Tari Sigale-Gale, Muda-Mudi, Tari Persembahan, dan tarian khas batak lainnya.

 

Jam buka Museum Huta Bolon adalah pukul 09.00 hingga 17.00 WIB. Museum Huta Bolon merupakan tempat yang cocok untuk mempelajari barang dan sejarah Tradisional Batak.

 

Bagi Anda yang akan mengunjungi Museum Huta Bolon, Anda cukup membayar tiket masuk seharga Rp 10,000. Harga yang cukup terjangkau untuk pengalaman baru.

Jika Anda berminat untuk menonton Tari Batak di dalam museum, maka Anda cukup membayar tiket masuk seharga Rp 50,000.

 

 

Bagaimana Menuju Ke Sana

 

Museum Huta Bolon terletak di Desa Simanindo-Pulau Samosir. Dari Medan, Anda bisa menuju Parapat. Dari Parapat, Anda bisa naik kapal ke Pulau Samosir turun di Ambarita atau Tomok. Dari Ambarita atau Tomok, Anda bisa naik kendaraan menuju lokasi sekitar 30 – 45 menit (berjarak +/-16 km dari Ambarita dan +/-21 km dari Tomok ). Cukup mudah untuk mencapai Museum. Selama perjalanan disana, Anda akan melewati pemandangan yang indah antara pebukitan dan danau.

 

Jika Anda berasal dari Tomok, Anda perlu menghabiskan sekitar 10 km. Ini akan lebih lama dari Pangururan.

 

Lokasi Museum Hutabolon berada di Jalan Jl. Pelabuhan Simanindo, Simanindo Sangkal, Simanindo, Kabupaten Samosir. Berikut lokasinya.

 

Fakta unik lainnya, Simanindo adalah sebuah desa yang sunyi. Tempat ini dapat menjadi tempat untuk menenangkan diri dan sejenak keluar dari hiruk pikuk perkotaan.

 

Baca juga : TB Silalahi Center, Wisata Sambil Belajar Kebudayaan Batak

 

Liburan Danau Toba

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *