Rahasia Wisata Budaya Batu Kursi Raja Siallagan Samosir

Tourtoba.com – Wisata Danau Toba 

Seperti yang kita ketahui bahwa Sumatera Utara merupakan salah satu pulau di Indonesi yang memiliki banyak kekayaan alam. Di pulau ini pun banyak sekali wisata alam dan budaya yang sangat menakjubkan. Wisata Batu Kursi Raja Siallagan Samosir merupakan salah satu wisata budaya yang populer.

 

Batu Kursi Raja Siallagan Samosir
Batu Kursi Siallagan

Mengenal Lebih Jauh Wisata Batu Kursi Raja Siallagan Samosir

Wisata Batu Kuris Raja Siallagan merupakan suatu peninggalan bersejarah di Pulau Samosir. Batu kursi yang sering disebut dengan batu persidangan ini sering kali didatangi oleh wisatawan. Objek wisata bersejarah ini letaknya ada di Desa Ambarita Kecamatan Simanindo, Pulau Samosir. Untuk mencapai ke tempat ini, kamu hanya membutuhkan waktu sekitar 20 menitan saja dari desa.

 

Untuk memasuki area bersejarah Batu Kuris Raja, kamu perlu membayar tiket masuk sebesar Rp.2000.00 untuk per orangnya. Di objek wisata ini pun sudah tersedia fasilitas parkiran motor yang luas. Pada saat memasuki area Batu Kursi Raja, kamu akan melewati sebuah Gapura yang memiliki tulisan di atasnya “Huta Siallagan”.

Sejarah Batu Kursi Raja Siallagan di Pulau Samosir

Batu Kursi Raja Siallagan Samosir

“Huta Siallagan” merupakan sebuah Gapura kampung yang mengelilingi area wisata tersebut sebagai benteng penjaga perkampungan di sana. Makna arti dari Huta Siallagan ialah “Huta” berarti kampung dan “Siallagan” ialah marga. Huta Siallagan ini memiliki luas sekitar 2.400 meter persegi. Bangunan Gapura Huta dikelilingi dengan tembok setinggi 1,5 hingga 2 meter.

 

Yang unik dari Huta Siallagan ini ialah banyak sekali bebatuan yang menghiasi sudut-sudut perkampungan. Sampai saat ini, perkampungan ini masih sangat dijaga dengan baik dan ditempati oleh keturunan dari leluhur Raja Siallagan. Meskipun umurnya sudah ratusan tahun, namun bangunan di wisata Huta Siallagan ini masih sangat baik dan rapi.

 

Ada sebuah peninggalan bersejarah yang akan kamu temui, yaitu 8 unit rumah yang berumur ratusan tahun. Selain itu, di sini kamu pun akan benar-benar melihat Batu Kursi Raja Siallagan Samosir atau biasa disebut Batu Kursi Persidangan. Batu kursi ini dulunya dipercaya sebagai tempat untuk mengadili para pelaku kejahatan dan pelanggar adat.

 

Sangat menarik bukan, wisata Batu Kursi Raja Siallagan Samosir yang memiliki banyak cerita di dalamnya? Dengan memanfaatkan hari libur, kamu bisa datang ke tempat bersejarah yang menarik ini. Ilmu pengetahuan sejarah, fasilitas, dan harga tiket murah bisa kamu dapatkan dengan berkunjung ke Pulau Samosir ini.

 

 

Liburan Danau Toba

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *