Wisata Terbaik Rumah Pengasingan Bung Karno Berastagi

Sebagai masyarakat Indonesia, pasti kamu sudah tahu tentang Ir. Soekarno bukan? Ir. Soekarno yang biasa disebut dengan Bung Karno ini merupakan presiden pertama Republik Indonesia. Sejarah tentang perjuangan Soekarna sangatlah melegenda. Rumah Pengasingan Bung Karno Berastagi ialah salah satu sejarah Soekarno yang akan kita bahas kali ini.

Rumah Pengasingan Bung Karno Berastagi

Mengenal Rumah Pengasingan Bung Karno Berastagi

Tahukah kamu, Berastagi merupakan suatu rumah pengasingan yang ditempati oleh Bung Karno pada masa penjajahan. Dalam perjuangannya merebut kemerdekaan Indonesia, Bung Karno sudah beberapa kali ditahan dan diasingkan oleh para penjajah. Rumah yang menjadi tempat pengasingan beliau ialah di Parapat dan Berastagi.

 

Pada masa penjajahan Belanda, Soekarna dan para tokoh pahlawan lainnya berseteru dengan para penjajah. Dan saat itu, Soekarno dan tokoh pemimpin lainnya tertangkap oleh para penjajah di Gedung Agung pada tangga 22 Desember 1948. Beliau dibawa oleh penjajah dan diasingkan sementara di Berastagi.

 

Dengan adanya peristiwa bersejarah itu, akhirnya Berastagi dijadikan sebagai museum bersejarah. Tempat yang memiliki banyak cerita dan sejarah ini akhirnya didedikasikan sebagai rasa hormat kepada Bung Karno. Atas perjuangannya dalam membela negara Indonesia, beliau rela diasingkan oleh para penjajah Belanda.

 

Berastagi Masa Kini

 

Berastagi merupakan sebuah museum pengasingan Belanda bersejarah yang terletak di belakang Bukit Kubu. Tempat pengasingan yang berupa rumah itu berukuran 10 x 20 meter. Berastagi memiliki gaya bangunan bercat putih dan seng merah khas Eropa. Di Berastagi ada sebuah patung perunggu Soekarno dengan posisi duduk sebagai simbol perjuangannya. Museum pengasingan Berastagi ini diresmikan mulai pada tanggal 21 Juni 2005.

 

Sudahkah kamu tahu lokasi dari rumah pengasingan Bung Karno? Jadi, Rumah Pengasingan Bung Karno Berastagi ini berlokasi di Jalan Sempurna Berastagi di Kota Berastagi. Saat ini, bangunan pengasingan ini telah dijadikan sebagai “MESS PEMPROVSU”. Dengan perawatan yang baik, bangunan Berastagi tetap sama seperti pada zaman dahulu.

 

Tempat ini sekarang pun sudah sering dikunjungi oleh para wisatawan. Banyak sekali orang yang datang ke sini dan melihat-lihat setiap detail dari bangunan Berastagi. Bagi kamu yang ingin datang ke Rumah Pengasingan Bung Karno Berastagi, sebaiknya datang hari biasa saja. Hal itu dikarenakan pada hari libur tempat ini dijadikan sebagai tempat menginap atau “MESS”.

 

Baca Juga : Inilah Wisata Bersejarah Rumah Bolon Pematang Purba

Liburan Danau Toba

2 thoughts on “Wisata Terbaik Rumah Pengasingan Bung Karno Berastagi”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *