Wisata di Danau Toba

Inilah Tempat Wisata di Kawasan Danau Toba yang Wajib Dikunjungi Pasca Tahun Baru

Wisata di Danau Toba – Indonesia memiliki berbagai keindahan alam yang luar biasa yang tidak dimiliki negara lain. Salah satunya yang bisa kamu jadikan destinasi liburan tahun ini adalah Danau Toba.

Danau Toba terletak di Pegunungan Bukit Barisan di Sumatera Utara. Luasnya 1.145 kilometer persegi, yang merupakan danau terbesar di Asia Tenggara dan luasnya lebih besar dari Singapura [716 km].

Danau Toba juga merupakan danau terbesar di dunia yang terbentuk dari letusan gunung berapi dan masuk dalam daftar Guinness World Records.

Danau Toba terbentuk akibat letusan gunung berapi yang menyemburkan material erupsi 2.800 km3, sehingga kawah yang berangsur-angsur terisi udara menjadi danau.

Di tengah Danau Toba terdapat sebuah pulau bernama Samosir. Pulau ini kira-kira seukuran Singapura dan memiliki beberapa kota dengan daya tarik alam yang luar biasa, seperti pegunungan dan air terjun.

Pulau Samosir dan Danau Toba merupakan jantung dan kampung halaman suku Batak. Anda juga bisa mencium bau penduduk desa dan mengenal budaya mereka.

Jika Anda berwisata ke Danau Toba pada bulan April hingga Agustus, kemungkinan besar Anda akan dapat menyaksikan perayaan dan ritual adat suku Batak, yaitu upacara festival masyarakat Danau Toba.

Upacara ini diadakan untuk memperingati leluhur suku Batak Suka melalui penampilan lagu-lagu Batak, acara olahraga, dan tarian.

Soal penginapan di Danau Toba, jangan khawatir karena ada banyak resort, hotel, dan penginapan reguler, masing-masing dengan pemandangan luar biasa.

Tempat Wisata di Kawasan Danau Toba

Suasana sejuk, pemandangan pegunungan yang mempesona menghadap ke udara biru menjadikan kawasan Danau Toba sebagai tujuan wisata favorit. Bagi Anda yang ingin menikmati keindahan danau toba di akhir tahun, Anda bisa mengunjungi tempat-tempat yang memiliki pemandangan alam yang sangat indah sebagai berikut.

Pulau Samosir

Pulau Samosir adalah sebuah pulau di tengah Danau Toba. Saat berkunjung ke pulau ini, Anda bisa menikmati keindahan Danau Toba dari berbagai sudut dengan pemandangan yang menenangkan.

Di pulau ini banyak menawarkan berbagai paket wisata yang bervariasi. Dari paket wisata Danau Toba yang indah hingga wisata berpemandu untuk melihat budaya masyarakat Batak yang begitu padat. Hal inilah yang menjadikan Pulau Samosir sebagai destinasi wisata favorit di Sumatera Utara.

Parapat

Parapat merupakan objek wisata di kawasan Danau Toba yang menampilkan keindahan pemandangan alamnya. Dalam perjalanan dari Danau Toba, Anda bisa menikmati keindahan alam desa Parapat.

Selain itu, Anda dapat menikmati kebersamaan dengan monyet-monyet yang bebas di tempat-tempat tersebut. Anda bisa memberi makan atau sekedar berfoto dengan hewan lucu ini.

Pulau Sibandang

Tempat wisata di kawasan wisata Danau Toba yang patut dikunjungi selanjutnya adalah Pulau Sibandang. Pulau yang terletak di kecamatan Muara Tapanuli Utara ini dikelilingi oleh Danau Toba.

Dari pulau ini Anda bisa menikmati keindahan Danau Toba dari segala arah. Untuk sampai ke pulau ini, Anda bisa menyewa perahu yang banyak dicarter oleh penduduk pulau ini.

Tongging

Jika Anda ingin menikmati keindahan Danau Toba dari atas, Anda pasti akan datang ke kota Tongging di bagian utara Danau Toba. Dari kota ini Anda bisa melihat pemandangan Danau Toba di ketinggian 900 meter di atas permukaan laut.

Pemandangan Danau Toba dari tempat-tempat ini sangat luar biasa, didukung oleh suasana alam yang asri dan semilir angin yang tenang akan membuat Anda rileks. Objek wisata lain yang bisa Anda temukan di tempat ini adalah air terjun Sipiso-piso yang merupakan salah satu air terjun tertinggi di Indonesia.

Bakara

Bakara merupakan salah satu kawasan di pinggiran Danau Toba yang terkenal dengan pesan keindahan alamnya. Dari tempat ini, Anda bisa melihat keindahan Danau Toba dari sudut pandang yang berbeda.

Keindahan Danau Toba dan tebing-tebing gunung yang menjulang tinggi seakan membuat orang yang mengunjungi tempat-tempat tersebut ingin tinggal di Bakara. Bagi pecinta memancing, tempat ini juga memiliki beberapa tempat yang sangat baik untuk memancing.

Pantai Lumban Silintong Balige

Jika ingin menikmati keindahan Danau Toba, cobalah pergi ke Pantai Lumban Silintong Balige pada malam hari. Lumban Silitong adalah sebuah desa yang menjadi tempat wisata di Balige Toba Samosir. Kawasan resort ini menyuguhkan panorama tepian Danau Toba lengkap dengan deretan kafe dan restoran.

Di tempat-tempat tersebut Anda bisa menikmati segarnya udara danau sambil berenang. Selain itu, Anda bisa menyaksikan kelihaian anak-anak desa ini dalam menyelam. Dengan melemparkan koin ke dalam danau, anak-anak dalam sekejap akan mendapatkan koin yang Anda lempar.

Pusuk Buhit

Pusuk Buhit adalah rangkaian perbukitan di Pulau Samosir. Di tempat ini Anda bisa melihat pemandangan alam dan air terjun yang cukup indah. Untuk menuju lokasi ini, Anda bisa menggunakan bus yang disediakan sebagai pengelola objek wisata. Namun untuk sampai ke puncak bukit Anda harus berjalan kaki sekitar 500 meter.

Kawasan Tuk Tuk Samosir

Tuk tuk yang terletak di semenanjung Pulau Samosir merupakan desa yang sangat eksotis di tepi Danau Toba. Terletak 4 kilometer dari Tomok, lokasi tuk tuk cukup dekat dengan pintu menuju Pulau Samosir.

Bahkan tuk tuk menjadi perhentian paling populer bagi wisatawan lokal dan asing saat mereka menikmati liburan di Pulau Samosir.

Begitu sampai di tuk tuk, Anda akan mengagumi tata letak desa yang sangat rapi, bersih, dan indah. Desa ini bisa menghipnotis Anda untuk singgah dan menikmati malam di Pulau Samosir.

Tuk tuk adalah tujuan wisata yang penuh dengan eksotisme berkat pemandangan alamnya. Tempat ini juga bisa memanjakan Anda untuk menikmati keindahan magis Danau Toba.

Tempat yang menjadi pusat kegiatan wisatawan yang ingin bermalam di Samosir ini juga memiliki fasilitas yang sangat memadai.

Hotel, vila, dan penginapan yang apik berjajar di tepi danau, mempercantik lanskap dengan arsitektur dan penataan yang sangat indah.

Ada beberapa kafe yang menyediakan fasilitas internet untuk terhubung dengan dunia maya.

Sebagai desa wisata, tak hanya menampilkan pemandangan alamnya, tuk tuk juga sangat terkenal dengan budaya Bataknya. Jadi, ketika wisatawan mengunjungi tuk tuk, mereka tidak hanya terkesan dengan pemandangannya tetapi juga dengan budayanya.

Selama liburan di desa ini, Anda akan dihadiahi panorama yang sangat luas tanpa terganggu gemerlap ibu kota, karena kawasan tuk tuk masih sangat alami.

Tidak hanya eksotisme alam yang dihadirkan kawasan tuk tuk, jika Anda punya banyak waktu luang, sempatkan untuk mengunjungi Bukit Beta, sebuah wisata yang diresmikan pada tahun 2004 oleh Gubernur Sumatera Utara.

Panorama alam yang luas yang dihadirkan oleh tempat-tempat ini merupakan situs paralayang kelas dunia dan sering dijadikan sebagai arena bermain layang-layang.

Tak hanya arena bermain, beberapa acara rutin Samosir juga kerap digelar di lokasi, seperti festival Danau Toba dan lomba layang-layang.

Setelah puas bermain di sana, Anda bisa langsung menuju tempat wisata selanjutnya yaitu Bukit Siulakhosa yang berada tepat di Bukit Beta Samosir. Tempat ini merupakan tempat kegiatan olahraga seperti hang-gliding dan paralayang.

Seperti yang telah dijelaskan di atas, Anda dapat menemukan berbagai budaya dan kerajinan Batak termasuk ukiran kayu Batak yang begitu mempesona, berbagai jenis ulos yang indah.

Tidak hanya kerajinan dan cinderamata seperti di atas, Anda juga bisa menikmati pertunjukan musik dan tari tradisional Batak yang dibawakan oleh Gondang melalui totor tor.

Ada cara yang lebih baik untuk menikmati daripada memulai perjalanan dengan sajian keindahan Danau Toba. Anda dapat menyewa perahu dengan sangat murah dan menikmati panasnya pantai seolah-olah Anda berada di pantai.

Tidak hanya menikmati pantai, Anda juga bisa berlatih olahraga air dengan kano sebagai alternatif hiburan yang tak terlupakan.

Tak cukup permainan air, di Danau Toba Anda juga mengungkapkan pengalaman berpetualang di kawasan tersebut dengan menggunakan sepeda dan sepeda motor yang disediakan oleh warga sekitar guna menikmati keindahan alam yang disuguhkan.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *