Berkunjung ke Museum Negeri Sumatera Utara

WISATA DANAU TOBA – TOUR TOBA

Apakah kamu ingin belajar tentang sejarah? Well, kamu bisa lho belajar tentang sejarah dengan jalan-jalan ke museum. Jika kamu berada di Sumatera, berkunjunglah ke museum Negeri Sumatera Utara. Di sana, kamu tidak hanya bisa menikmati indahnya koleksi peninggalan masa lalu namun juga belajar tentang sejarah.

 

Biasanya sih, kamu akan didampingi salah satu anggota museum yang bertugas untuk membimbing dan menjelaskan sejarah setiap koleksi. Sampai saat ini, museum Sumatera Utara memiliki sekitar 6.799 koleksi. Hebat, bukan?

 

Berdasarkan koleksi yang dimiliki, Museum Negeri ini dikategorikan sebagai museum umum dan sebagian besar koleksinya berasal dari daerah sumatera utara berupa benda-benda peninggalan sejarah mulai dari jaman prasejarah ,klasik, pengaruh hindu-budha, islah dan sejarah perjuangan masa kini. Sedangkan koleksi lainya berasal dari beberapa daerah lain di indonesia  dan dari negara lain seperti Thailand. Arsitektur bentuk bangunan induk museum ini menggambarkan rumah adat tradisional daerah Sumatera Utara.

 

Namun kamu harus tahu jika Museum Negeri Sumatera Utara buka setiap hari untuk umum termasuk Hari Minggu. Kecuali, Hari Senin dan hari besar tutup. Tidak tau kenapa harus tutup pada hari senin, mungkinkah ada pantangan atau larangan tertentu?

 

Atau supaya ada waktu untuk beristirahat bagi karyawan museum. Tutupnya museum ini dikarenakan hari minggu yang mustinya tetap buka dan di gantikan dengan hari senin.

Museum Negeri Sumatera Utara

Pentingnya Museum Negeri Sumatera Utara

 

Mengapa museum penting bagi kamu? Coba tebak, apa jawabannya? Yup! Benar sekali! Museum adalah salah satu tempat untuk belajar. Di museum Negeri Sumatera Utara, apa saja yang bisa kamu pelajari? Yuk, kita baca informasi berikut.

 

Sejarah

Museum Negeri Provinsi Sumatera ini diresmikan pada tanggal 19 April 1992 oleh Menteri Kebudayaan dan menteri Pendidikan, Dr.Daoed Yoesoef, namun peletakan koleksi pertama dilakukan oleh Presiden Republik Indonesia pertama, Ir. Soekarno, pada tahun 1954 berupa makara. Oleh karena itu gedung ini dikenal dengan nama gedung Arca. Bangunan museum ini berdiri di atas lahan seluas 10.468 meter persegi .

Ada Apa Saja Di Museum Negeri Sumatera Ini?

 

1. Rumah tradisional Sumatera

Jika kamu penasaran akan rumah tradisional Sumatera, kamu bisa berkunjung ke museum Negeri Sumatera. Desain bangunannya dibuat mirip dengan rumah tradisional Sumatera. Kamu bisa menemukan ciri khas ornamen rumah tradisional Sumatera pada atap museum. Ornamen-ornamen tersebut tidak hanya berasal dari etnis Nias namun juga dari etnis lain seperti Pakpak, Karo, Btak Toba, Simalungun, dan Melayu.

 

2. Koleksi patung para pejuang

Di museum Negeri Sumatera, kamu bisa menemukan banyak koleksi. Namun, patung para pejuang pasti menjadi salah satu yang menarik untuk dilihat, bukan? Bahkan para patung dilengkapi dengan senjata yang lengkap plus baju army. Di setiap patung, terdapat keterangan informasi para pahlawan yang bersejarah.

 

3. Benda peninggalan sejarah budaya

Di museum Negeri Sumatera, kamu akan menemukan banyak benda sejarah peninggalan Hindu-Budha hingga Islam. Tentunya, benda-benda tersebut penting karena sebagai media penyebar agama. Di setiap benda, akan tertera informasi yang berkaitan jadi kamu akan tahu detail penyebaran Islam melalui media.

 

4. Perpustakaan

Meskipun banyak pameran untuk dilihat, kamu mungkin tertarik untuk menilik perpustakaan museum Negeri Sumatera. Di sana, kamu akan dapat membaca banyak buku menarik tentang sejarah. Ada juga ruangan lain di Museum Negeri Sumatera. Jika kamu ingin menyaksikan video pra-sejarah, kamu hanya perlu menuju ke ruang mikro film.

 

Jika kamu berkunjung museum Negeri Sumatera Utara, usahakanlah untuk berperilaku baik dengan tidak mencorat-coret koleksi dan mematuhi peraturan yang ada.

 

Lokasi Museum Negeri Sumatera Utara

Lokasi Museum ini terletak di Jalan H.M.Joni No.15, Medan. Jarak dari Bandara Kualanamu hanya 29,5 km dapat ditempuh dengan waktu kurang lebih 29 menit.

Jika kamu kebingungan mencari letak lokasi museumnya berikut lokasinya museum Negeri

 

Baca Juga : Inilah Potensi Wisata Sekitar Bukit Senyum Ajibata

 

Leave your comment

%d bloggers like this: