Pilihlah Wisata Yang Bermanfaat Dengan Mengunjungi Pusat Rehabilitasi Bahorok

WISATA DANAU TOBA – TOUR TOBA

Pusat rehabilitasi Bahorok ini merupakan pusat rehabilitasi untuk satwa orangutan yang terletak di sebuah desa kecil di pinggiran taman nasional gunung Leuser Sumatra Utara. Jarak tempuhnya bila dari Medan sekitar 68 km. Selain orang utan, banyak satwa lain yang tinggal di kawasan tersebut seperti monyet, harimau Sumatra, gajah Sumatra, buaya, beruang matahari dan juga badak Sumatra.

 

Selain menjadi pusat rehabilitasi satwa, tempat ini juga menyimpan banyak keindahan dan wisata yang lain. Di sini kamu bisa mencoba pemandian alam, jungle tracking dan juga arum jeram. Selain wisata edukasi dengan mengetahui tentang rehabilitasi satwa, kamu juga dapat sekaligus berwisata di alam terbuka yang dapat merefresh pikiran.

Pusat Rehabilitasi Bahorok
Wisata Arum Jeram

Usaha yang dilakukan untuk pusat rehabilitasi Bahorok

Dengan tujuan melestarikan satwa yang dilindungi dan dalam ancaman kepunahan, pusat rehabilitasi ini dibangun. Di samping itu, pendirian pusat rehabilitasi ini bertujuan untuk mengembalikan orangutan ke habitat aslinya sehingga dapat bertahan hidup selayaknya di alam bebas. Banyaknya para pemburu dan jual beli satwa langka yang dipelihara di rumah-rumah membuat insting mereka melemah.

Pusat Rehabilitasi Bahorok

Oleh karena itu para relawan di pusat rehabilitasi Bahorok ini mengajari para orangutan bagaimana cara memanjat pohon dan juga membuat sarang. Selama di sana, para orangutan dikarantina dan diajarkan berbagai macam cara untuk bertahan hidup. Selain itu para relawan juga mengasah keahlian alami mereka agar siap dilepaskan di hutan.

 

Di waktu tertentu para wisatawan juga diizinkan untuk mengikuti kegiatan apa saja yang diberikan pada orangutan saat masa rehabilitasi. Rehabilitasi ini sangat penting sehingga nantinya saat sudah dilepas di alam bebas mereka dapat dengan mudah menyesuaikan diri. Ketergantungannya dengan manusia dapat menimbulkan hal buruk seperti kematian karena mereka tidak bisa mencari makanan sendiri.

 

Untuk kamu yang tertarik dengan pusat rehabilitasi Bahorok, silahkan mengunjunginya bersama dengan keluarga saat memiliki waktu luang. Pasti liburan kamu akan sangat berkesan karena dapat juga merasakan keindahan alam melalui berbagai macam wisata yang ditawarkan.

Jangan ragu untuk berkunjung ke sana, karena biaya yang dikeluarkan juga sangat terjangkau. Selamat menikmati liburan.

 

Baca Juga : Pesona Kesegaran Alam Tangkahan Bah Alif

Leave your comment

%d bloggers like this: