Air Terjun Janji, Spot Wisata Air Di Sekitaran Danau Toba

Alam semesta diciptakan oleh Tuhan dengan miliaran benda menakjubkan di dalamnya, keindahan alam ini membuat kita begitu kaya dan terkenal di mata dunia, berkat pesona alam yang luar biasa. Termasuk di negara yang kita cintai ini, di mana negara kita begitu terkenal tentang kekayaan alamnya. Indonesia adalah negara yang memiliki kekayaan alam yang luar biasa, apakah itu panorama alamnya terutama Air Terjun Janji, etnisitas, adat budaya, dan karakteristik khas dari komunitas yang berbeda di seluruh nusantara.

Air terjun Janji

Keindahan alam Indonesia dianggap tidak ada yang mampu bersaing di negara manapun di dunia Jadi dari itu tidak mengherankan bahwa banyak wisatawan asing yang bersedia datang jauh-jauh ke Indonesia untuk menikmati keindahan alam yang ada di Indonesia. Salah satunya di desa Marbun.Air Terjun Janji  Objek wisata ini sangat terkenal dengan cerita masyarakat sekitar tentang leluhur Raja Sisingamaraja XII. Di mana Raja Sisingamaraja XII menjadi damai untuk Raja Marbun, Raja Sinambela, dan Raja Manullang. Di mana ketiga raja ini tidak pernah berdamai. Jadi ada perjanjian damai dengan kesepakatan besar untuk membawa ketiga raja bersama-sama. Dan dikatakan bahwa setelah perjanjian disetujui oleh tiga raja, Air Terjun muncul di lokasi itu. Dan dikatakan bahwa jika perjanjian itu dilanggar maka air terjun akan berhenti.

Air Terjun Janji di Sumatera Utara menawarkan keindahan dan sejarah cerita. Konon air terjun ini dulunya adalah tempat para raja bersumpah. Terletak di Desa Marbun Toruan, Kecamatan Bakti Raja, Kabupaten Humbang Hasundutan, Air Terjun Sampuren Janji atau Air Terjun Janji menawarkan panorama indah yang langsung menghadap Danau Toba. Secara historis, air terjun ini menjadi lokasi bagi raja-raja Batak untuk bersumpah jika mereka berangkat ke medan perang.

Untuk sampai di lokasi Air Terjun ini, dapat ditempuh dengan berkendara selama 15 hingga 20 menit atau sekitar 15 kilometer dari Kecamatan Dolok Sanggul yang merupakan pusat Kabupaten Humbahas.

Memasuki perjalanan menyusuri jalan setapak di sepanjang Danau Toba, Anda kembali disajikan dengan pemandangan pulau Simamora. Pulau kecil itu tampak seperti gundukan tanah yang muncul dari dasar danau. Tidak ada penduduk di pulau itu.

Menuju ke Air Terjun, hanya membutuhkan sedikit berjalan kaki hingga 50 meter, di jalur yang dibangun dengan rapi. Sebuah jembatan kecil dengan Air Terjun Janji kemungkinan akan menjadi pose sejenak.
Begitu tiba di Janji Waterfall, Anda bisa menyaksikan banyak bukit. Pemandangannya cukup memukau. Air terjun ini memiliki air bersih dan segar. Belum lagi ada kolam renang untuk wisatawan. Pria dan wanita harus menggunakan kolam yang berbeda. Kolam renang ini memiliki shower alami. Anda bisa merasakan air yang jernih dan sejuk serta menikmati keindahan alam sekaligus. Namun, Anda tidak boleh langsung mandi langsung di air terjun. Ini memang sangat berbahaya. Jika Anda datang dengan anak-anak, pastikan untuk memeriksanya dengan teliti.

Begitu dia menumpuk batu di kaki Air Terjun, aroma samar akan segera menyentuh indera penciuman. Jangan kaget, tepat di depan tumpahan air terjun, tumbuh pohon jeruk Bali yang menyebarkan aroma menyegarkan, meskipun tampaknya mistis. Di sisi kanan air terjun, hanya berjarak 20 meter. Sepetak tebing curam yang membentuk petak-petak batu indah karena fenomena alam juga dihadirkan bagi Anda yang ingin mengabadikan diri. Di bagian atas tebing yang juga dikeringkan oleh air di debit kecil, ada kolam kecil.

Bagaimana Anda tertarik berkunjung ke sini? Jika Anda tertarik Anda bisa datang ke Desa Marbun Toruan, Kecamatan Bakti Raja, Kabupaten Humbang Hasundutan, Sumatera Utara. Di sini akan ada lebih banyak mengetahui bagaimana keindahan dan kekayaan panorama alamnya.
Semoga informasi ini bermanfaat bagi kita. Mari lindungi dan lestarikan budaya, dan panorama alam kita yang luar biasa, sehingga anak-anak dan cucu kita dapat merasakan keindahan dan kekayaan sumber daya alam kita yang begitu luar biasa di tanah Tanah Air kita.

 

Baca Juga : Cobalah Menjajal Adrenalin, Yuk Rafting ke Sungai Asahan

Liburan Danau Toba

1 thought on “Air Terjun Janji, Spot Wisata Air Di Sekitaran Danau Toba”

  1. Many thanks lots for delivering people today with an extremely superb opportunity to study vital testimonials from this weblog. It is frequently so wonderful and packed with plenty of enjoyable for me Individually and my Office environment acquaintances to go to your website not a lot less than thrice each week to review the contemporary recommendations you will have. Certainly, I’m just continually fascinated in regards to the helpful tactics served by you. Some 2 Strategies During this submitting are absolutely the best we’ve at any time had.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *