Wisata Sungai Asahan, Menjajal Adrenalin dan Rafting!

Wisata Danau Toba – Mungkin sebagian dari kalian belum mengetahui bahwa wisata Sungai Asahan sudah sangat populer di telinga para wisatawan, baik wisatawan domestik maupun mancanegara.

Keganasan arus dan tantangan jeram di Sungai Asahan ini juga menjadikan Danau Toba sebagai tempat terbaik di dunia setelah Colorado di Amerika dan Zambesi di Afrika. Sungai Asahan adalah salah satu dari tujuh wisata olahraga arung jeram di provinsi Sumatra utara.

Sungai Asahan

Keganasan arus dan tantangan jeram di Sungai Asahan bahkan memberikan sungai yang berasal dari Danau Toba yang menjadi tempat dunia setelah Colorado di Amerika dan Zambesi di Afrika. Sungai Asahan adalah salah satu dari tujuh tempat olahraga yang beroperasi di provinsi Sumatra utara.

Aliran cepat air Sungai Asahan hingga 20 m3 per detik, sehingga di klasifikasikan sebagai level 4 dan 5. Panjang air Asahan adalah sekitar 147 km. Aliran ini dari Danau Toba dengan jumlah 5 buah anak sungai. Curah hujan di kawasan sungai berkisar 2.114 mm per tahunnya.

Baca juga pakaian adat batak Toba.

Sungai Asahan melintasi beberapa wilayah Sumatra utara seperti Kota Kisaran, Tanjung Balai. Pematang Siantar dan Balige (Ibukota Kabupaten Tobasa).

Sungai Asahan adalah tempat untuk bermain kayak dan arung jeram untuk para rafter profesional dengan menyeberangi sungai sepanjang 22 kilometer yang

biasanya dimulai dari Desa Tangga hingga kemudian berakhir di Bandar Pulau. Asahan sering digunakan sebagai tempat untuk kompetisi domestik dan internasional karena memiliki empat jenis tantangan, mulai dari Level 4 hingga Level 5, dibagi menjadi dua bagian.

lihat juga lagu batak mardua holong.

Salah satu Lomba rafting tingkat internasional di Sungai ini adalah Asahan Whitewater Festival. Rafting yang Menyenangkan di Bah Bolon, Rafting di Sumatra Utara.

Level 1-3

Tingkat Ringan berada di perairan di hulu sungai yang belum Begitu deras hijau dari tanaman di sekitar aliran air yang menarik. Tingkat ini terletak di seberang sungai setelah sungai di sepanjang sungai dan juga di dasar sungai atau Desa Tangga dan Bandar Pulau.

Level 4-5

Level ini Sangat ekstrim dan kemungkinan memiliki tingkat kesulitan yang sangat berbahaya sehingga tidak disarankan untuk pemula. Di daerah ini, lebih banyak air terjun yang dapat ditemukan di tepi sungai dan juga debit air deras dengan jeram yang sulit ditebak ditambah bebatuan besar dan kecil.

Baca juga saksang makanan khas Batak.

Tantangan arum jeram di sungai ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para pelancong yang memiliki hobi wisata ekstrim. Di kota Medan ada banyak rafter yang khusus menangani jenis wisata arung jeram.

Nah, jika Anda memang sudah profesional dan ingin menggunakan adrenalin di Sungai Asahan. Baca Juga : Sopo Partungkoan Tarutung.

Liburan Danau Toba

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *