Bakkara, Pesona Lembah Indah Di Tepian Danau Toba

Bakkara adalah sebuah Lembah indah yang terletak di pinggiran danau toba dan di kelilingi oleh perbukitan nan cantik. Namanya memang belum populer seperti yang lain di tepian danau toba yang banyak menarik wisatawan untuk datang. hamparan lembah datar seluas ratusan hektar. Desa yang penuh pesona dengan wisata alam dan budaya yang terkenal ke negara lain. Wilayah administrasi berada di Kecamatan Baktiraja, Kabupaten Humbang Hasundutan, Sumatra Utara.Lembah Bakkara

Lembah yang berjarak belasan kilometer dari Dolok Sanggul terdiri dari beberapa desa dan dusun kecil. Dibagi dua sungai besar dengan air berat. Sungai terbesar yang dominan adalah Aek Silang yang bersumber dari udara yang tertutup oleh hamparan perbukitan. Sungai kecil kedua bernama Aek Simangira. Gudang mengalir melalui beberapa desa dan bermuara ke Danau Toba.

Uniknya, dua sungai ini dapat dengan mudah diidentifikasi oleh warna udara yang terlihat. Aek Silang berwarna coklat kemerahan berair. Warna-warna yang bias dari dasar sungai itu mendarat dengan tanah liat coklat dan memudar. Sedangkan Aek Simangira memiliki warna putih, karena bagian bawahnya yang berpasir ditutupi bebatuan.Kedua sungai ini adalah air utama untuk mandi, mencuci dan kakus umum di seluruh lembah Bakara. Tetapi ada juga rumah yang menggunakan sumur dan udara sebagai air minum.

 

Membantu perbukitan, sungai, dan bentangan Danau Toba yang menawarkan keindahan dan keindahan alam di lembah Bakara. Ada banyak tempat alternatif dengan pemandangan menakjubkan yang bisa dinikmati dari sini.

Memasuki lembah bakkara, rumah – rumah sederhana yang bersanding dengan sawah dan tanaman bawang merah menjadi pemandangan yang indah, tenang dan jauh dari hiruk pikuk kota.
Bakkara layak dijuliki negri seribu air terjun, Pasalnya ada banyak air terjun berada disini dan salah sarunya adalah Air terjun Janji yang terletak tak jauh dari jalan lintas.

Aek Sipangolu adalah air terjun yang diyakini air suci yang mengandung unsur-unsur dasar dari seorang perawat hidup. Penduduk sekitar lama percaya bahwa air bisa menjadi “obat” untuk banyak kebutuhan.

Para pengunjung yang ingin merasakan kesejukan air terjun ini, ada tempat pemandian umum. Sumber air datang langsung dari aliran Aek Sipangolu. Atau siapa yang ingin membawa pulang air, mungkin juga. Ada jerigen yang disediakan di dekat lokasi air terjun, terutama bagi pengunjung yang ingin membawa air Aek Sipangolu sebagai suvenir.

Dari tepi aliran air terjun ini, kita bisa melahap pemandangan Danau Toba dari sisi lain. Atau mungkin juga beristirahat sambil minum kopi atau teh dari warung sederhana yang dikelola oleh penduduk setempat.

Mengunjungi Bakara, Anda tidak hanya dapat menikmati keindahan alam, udara sejuk, dan suasana pedesaan asli, tetapi juga bisa melihat situs sejarah yang sangat penting dalam sejarah kerajaan Batak menentang Kolonial Belanda di masa lalu.

Baca Juga : Rumah Hobbit Di Kabupaten Karo

Liburan Danau Toba

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *