Danau Siais , Danau Terbesar Kedua di Sumatera Utara

Sumatera Utara merupakan tujuan wisata yang terkenal akan keindahan alamnya. Objek wisata yang paling terkenal di Sumatera Utara adalah Danau Toba. Danau Toba merupakan danau terbesar di Indonesia. Selain Danau Toba, di Sumatera Utara terdapat juga danau yang mempunyai pesona yang tidak kalah indah dengan Danau Toba.

Tidak banyak orang yang mengetahui tentang danau ini. Danau tersebut merupakan danau kedua terbesar yang ada di Sumatera Utara,yaitu Danau Siais.

 

Danau Siais , Danau Kedua Terbesar di Sumatera Utara

danau siais

Keberadaan Danau Siais memang belum banyak diketahui oleh khalayak banyak kecuali masyarakat sekitar. Danau ini berada di Desa Rianiate, Kabupaten Tapanuli Selatan atau 40 kilometer dari Padangsidempuan atau sekitar 10 jam dari Kota Medan.

Meskipun keberadaannya belum dikelola secara optimal, akan tetapi danau dengan luas 4 hektar ini dibingkai dengan keindahan alam yang masih asri disekitar danau dan pegunungan sekitar danau yang masih sangat hijau.

 

Tempat Meyalurkan Hobi

danau siais

Kelebihan yang dimiliki oleh danau ini, karena belum banyak wisatawan yang mengetahui tempat maka tempat ini memiliki suasana yang tenang. Bagi Anda yang memiliki hobi memancing, tempat ini merupakan tempat yang tepat untuk menyalurkan hobi Anda. Keanekaragaman air tawar di Danau Siais ini merupakan pendukung utama bagi hobi memancing Anda. Ikan yang banyak terdapat di danau ini adalah ikan jurung. Ada mitos mengenai ikan jurung, dimana ikan jurung merupakan berkat dari masyarakat Tapanuli Selatan. Barangsiapa memakan ikan jurung yang diambil dari danau ini maka orang tersebut berumur pendek atau terken musibah.

Dengan menyewa sampan ke masyarakat sekitar, Anda dapat mengelilingi danau ini. Selain menikmati Danau Siais, Anda dapat berkunjung Air Terjun Siais. Air Terjun Siais ini terletak di pinggiran danau.

 

Menuju Danau Siais

Berangkatlah dari Bandar Udara Kuala Namu ke Aek Godang Airport di Padang Lawas Utara. Dari bandara Aek Godang, Anda dapat menyewa mobil ke Gunung Tua lalu ke Desa Rianiate. Selain menggunakan transportasi udara, Anda dapat menggunakan transportasi darat yaitu menggunakan bis dari jalan Sisimangaraja menuju Padang Sidempuan.

 

Baca Juga : Goa Natumandi dan Lengenda Ular Jelmaan

Leave your comment

%d bloggers like this: