Pulau Bakar yang Tidak Terbakar di Tapanuli Selatan

Tapanuli Selatan memiliki banyak tujuan wisata yang sangat menari untuk dikunjungi. Beberapa pulau yang masih alami sangat menggoda untuk Anda ada sambangi, salah satunya yaitu Pulau Bakar.

Pulau Bakar

pulau bakar

Mungkin Anda bertanya-tanya, kenapa dikatakan Pulau Bakar? Apakah pulau ini terbakar?

Tidak seperti namanya pulau ini tidak dalam kondisi terbakar. Pulau yang berada di gugusan perairan Sibolga dan Tapanuli Tengah ini, dari kejauhan nampak menghitam seperti layaknya pulau yang sedang terbakar. Hal ini karena terik matahari yang nampak sangat menyengat di pulau ini.

Alasan lain masyarakat sekitar menamai Pulau Bakar yaitu karena ada makam yang ada disana. Konon katanya makam tersebut adalah milik Syeikh Bakar yang merupakan ulama di pulau tersebut. Syeikh Bakar diyakini sebagai penghuni pertama pulau ini.

Pulau ini merupakan salah satu pulau yang berada di Kepulauan Mursula.

 

Yang Menarik dari Pulau Bakar

pulau bakar

Banyak hal menarik yang dapat Anda lakukan di pulau ini. Kondisi pulau yang masih asri dan belum terjamah banyak oleh manusia membuat kondisi pulau ini masih indah alami. Bagi Anda yang memiliki hobi snorkling, tempat wisata di Tapanuli Selatan ini merupakan tempat yang tepat untuk dikunjungi. Ikan air asin dan kerumbu karang yang ada di sekitar Pulau Bakar ini, sangat memanjakan mata.

Selain itu, Anda dapat memancing dengan menyewa perahu milik masyarakat sekitar. Ikan-ikan di sana sangat banyak, membuat Anda cukup sibuk untuk mengganti umpan pancingan Anda.

pulau bakar

Hamparan pasir yang bersih sepanjang pantai pulau, dapat menjadi tempat Anda bersantai sejenak menikmati semilir angin. Meskipun terlihat seperti pulau yang sedang terbakar dari kejauhan karena sinar matahari yang menyenga, akan tetapi terik matahari tidak setajam kelihatannya.

Pantai di Pulau Bakar cukup ramah untuk Anda bersantai, dan pohon kelapa di bibir pantai membuat suara gemerisik daun kelapa yang menenangkan saat angin berhembus. Di pulau ini, pohon kelapa sangat tubuh subur. Anda bahkan bisa memungut buah kelapa yang jatuh untuk dinikmati air kelapa yang menyegarkan tenggorokan.

Jika Anda berkunjung ke pulau ini, sebaiknya Anda membawa sunblock, alat snorkling, baju renang, topi, kacamata hitam dan snack untuk bekal. Di pulau ini belum ada restaurant ataupun hotel. Akan tetapi, Anda tidak perlu risau karena di pulau ini ada warkop yang menyediakan makanan.

 

Menuju Pulau Bakar

Bagi Anda yang akan berkunjung ke pulau dengan beratus pesona ini dari Kota Medan, Anda dapat menggunakan moda transportasi darat yaitu dengan menggunakan shuttle bus dari Kota Medan. Banyak shuttle bus yang tersedia dari Kota Medan menuju Sibolga. Waktu yang ditempuh dari Kota Medan ke Sibolga dengan menggunakan shuttle bus kurang lebih sekitar 10 jam. Lalu dilanjut dengan menggunakan perahu menyebrang dari Sibolga ke Pulau Bakar.

Anda tidak perlu khawatir dengan lamanya perjalanan, karena pengorbanan perjalan Anda sepadan dengan keindahan pulau ini.

 

Baca juga : Keindahan Danau Siais , Danau Terbesar Kedua di Sumatera Utara

Leave your comment

%d bloggers like this: