Desa Garunggang, Beragam Wisata Didalam Satu Desa

Desa Garunggang berada di Kabupaten Langkat, berbatasan langsung dengan Kabupaten Karo, dikelilingi oleh Bukit Barisan dan dekat dengan kawasan Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL) yang diapit oleh dua provinsi yakni Sumatera Utara dan Aceh.

Nama Garunggang sudah cukup terkenal bagi masyarakat Sumatera Utara, di desa ini terdapat banyak objek wisata alam seperti Air Terjun Namo Belanga dan Pemandian Teroh-Teroh yang sempat viral di berbagai sosial media. Seiring perjalanan, Desa Garunggang yang kini berada di bawah pimpinan Purnama Ginting, bertransformasi sejak awal 2017 dan tengah fokus mengembangkan desa yang berhawa sejuk ini sejalan dengan konsep Wisata Dalam Desa.

Purnama Ginting yang di masa mudanya menjadi penggiat pariwisata, mengatakan bila sektor pariwisata tidak akan pernah ada matinya. Berangkat dari hal tersebut, Kepala Desa Garunggang bersama masyarakat lokal mendorong potensi pariwisata Garunggang dengan membuka berbagai objek wisata baru mulai dari Taman Selfi, Kolam Renang dan akan terus dikembangkan pada 2018 ini.
Aksesibilitas dan Transportasi

Desa Garunggang

Perjalanan menuju Desa Garunggang dapat ditempuh dengan menggunakan transportasi darat. Menghabiskan waktu tempuh sekitar 2-3 jam dari ibu kota Provinsi Sumatera Utara, Medan melalui rute Medan – Binjai – Garunggang. Dari Garunggang Anda dapat memilih beragam objek wisata, bila ingin ke Taman Selfi dan kolam renang bernuansa alam, silahkan lanjut perjalanan Anda ke Lau Kulap.

Kondisi jalan sudah cukup memadai dan layak untuk kendaraan moda transportasi roda dua dan empat. Namun bila ke Lau Kulap, perjalanan memang sedikit berbatu, tetapi jangan khawatir, perjalanan seperti ini hanya memakan waktu sekitar 15 menit.

Setiap pengunjung yang datang akan dikenai biaya retribusi, di Lau Kulap yang masuk ke dalam wilayah administratif Desa Garunggang berlaku sistem one gate dengan rate mulai dari Rp10.000 – Rp25.000 sedangkan tarif di objek wisata lainnya cukup beragam.

 

Baca Juga : Rumah Adat Batak Sumatera Utara Yang Wajib Kamu Ketahui

aprilia periera

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *