Inilah Alasan Mengapa Kamu Harus Berhati-hati Ketika Mendaki Gunung Sibuatan

Wisata Danau Toba – Tour Toba

Gunung Sibuatan merupakan salah satu gunung tertinggi yang terletak di Provinsi Sumatera Utara. Meskipun gunung ini dinyatakan tidak aktif, rute pendakiannya sangat memakan tenaga hingga pendaki pun harus benar-benar berhati-hati. Pendaki gunung harus bersiap secara fisik maupun mental ketika ingin melakukan pendakian.

Jarang pendaki pemula yang memutuskan untuk melakukan pendakian di gunung ini. Hanya mereka yang ingin mencoba pendakian yang ekstrem saja yang mau menyempatkan waktu untuk berkunjung ke Gunung Sibuatan yang medannya memang berbahaya. Sebenarnya, apa yang membuat pendaki benar-benar harus berhati-hati?

 

tourtoba.com- gunung sibuatan

Inilah Alasan Mengapa Kamu Harus Berhati-hati Dalam Pendakian Gunung Sibuatan

 

1. Medan yang sangat sulit ditempuh

 

Seperti yang telah disampaikan sebelumnya bahwa medan yang akan ditempuh dalam pendakian Gunung Sibuatan memang sulit. Kamu harus menghabiskan waktu selama kurang lebih 7 jam dalam pendakiannya. Selain itu, jalannya juga berlumpur, terlebih lagi ketika hujan. Hal itu masih di tambah dengan padatnya akar-akar pohon yang besar sehingga pendaki benar-benar harus merangkak untuk melewatinya

 

2. Denda untuk pelanggaran buang sampah

Denda untuk pelanggaran buang sampah sembarangan benar-benar telah diterapkan dalam pendakian Gunung Sibuatan. Saat kamu akan melakukan pendakian, barang-barangmu akan dicatat oleh petugas di pintu rimba secara detail. Nantinya setelah kamu kembali, sampah nya pun akan diperiksa sesuai dengan catatan awal barang yang kamu bawa. Jika sampai tidak pas, kamu harus membayar denda 500 ribu atau membersihkan sampah di Desa Nagalingga

 

3. Air susah didapat saat pendakian

 

Untuk informasi menarik buat kamu bahwa air hanya bisa di dapat di awal pos pendakian gunung Sibuatan. Itulah mengapa pendaki harus memikul air untuk masak di puncak gunung. Ini merupakan salah satu tantangan tersendiri bagi pendaki Gunung Sibuatan.

 

4. Adanya tumbuhan kantong semar di sepanjang area pendakian

 

Biasanya, pendaki gunung akan melihat pemandangan yang indah selama mendaki gunung. Namun jika kamu berencana mendaki gunung ini hal yang kamu lihat di sepanjang jalan adalah tumbuhan kantong Semar. Namun tenang saja, pemandangan di puncak gunung sangat indah.

Itulah beberapa hal yang penting untuk diperhatikan dalam melakukan pendakian Gunung Sibuatan. Persiapkan dengan baik ya.

 

Baca Juga : Inilah Bukit Gibeon, Destinasi Wisata Alam Asyik Lengkap Dengan Tempat Ibadah

Liburan Danau Toba

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *