Inilah Bukit Gibeon, Destinasi Wisata Alam Asyik Lengkap Dengan Tempat Ibadah

Wisata Danau Toba – Tour Toba

Tempat Wisata Danau Toba yang tidak kalah mengagumkan adalah wisata bukit Gibeon. Bukit Gibeon menjadi salah satu tujuan wisata didaerah alami dengan kolam renang sekaligus tempat ibadah.  Tempat wisata ini terletak di Ajibata, Kabupaten Tobasa, Sumatera Utara ini kalian dapat memilih kolam 5 kolam renang dari 1 air terjun.

Baca Juga Wisata Rumah adat Batak Toba.

Berbagai fasilitas tersedia disini yaitu Gereja, Rumah Doa, Menara Doa, Ruang Penginapan, Aula, , Ruang Belajar , Ruang makan, Taman, Dapur, Area Parkir, Kolam Renang dan Air Terjun. Lokasi air terjun dan kolam berada di lokasi yang sama, hal ini sangat menarik perhatian bagi pengunjung baik dari luar dan lokal.

Melihat air terjun yang bening dan merasakan udara yang segar, membuat pengunjung ingin menikmati dengan berenang di kolam dekat air terjun atau langsung berada di bawah kucuran air terjun. Dan asyiknya lagi,  di tempat ini sangat banyak tempat yang bagus untuk berfoto .

bukit gibeon
Bukit Gibeon Air Terjun

Dimana lagi tempat yang menyediakan fasilitas kolam renang alami yang airnya dijamin sehat, dingin dan segar selain di Bukit Gibeon?

bukit gibeon
Bukit GibeonKolam Renang

Tidak hanya kolam renang, di Bukit Gibeon juga terdapat Pusat Seminari atau fasilitas ibadah. Di bukit Gibeon ini, telah dibangun sebuah Pusat Seminari Bukit Gibeon.

Bangunan ini diresmikan pada bulan Mei 2016. Pusat Seminari ini nantinya akan menjadi Pusat pembelajaran untuk missionaris (sekolah Pendeta). Walaupun demikian, banyak yang datang kesini bersama keluarga untuk mengikuti acara retreat dan beribadah.

Baca Juga Seputar rumah adat Batak

Tentu saja, dengan keberadaan bukit Gibeon ini, akan memberikan dampak sosial dan ekonomi yang baik untuk masyarakat sekitarnya seperti Desa Sibisa. Tempat ibadah yang diberi nama “Rumah Doa Segala Bangsa“adalah Gedung sekolah Seminari atau misionaris.

 bukit gibeon
Bukit GibeonRumah Doa Segala Bangsa

Rumah Doa akan dibuka untuk umum pada weekend (Sabtu dan Minggu) dengan jam operasional pukul 13.00 hingga pukul 18.00. Selain sebagai tempat untuk berdoa, tempat ini juga tersedia ruang untuk kebaktian , retreat, atau wisata rohani umat Kristen lainnya.

Buat kamu yang tidak berkenan masuk untuk berdoa, kamu bisa menikmati indahnya bangunan ini dari luar.

Tarif Masuk Objek Wisata Bukit Gibeon

Untuk bisa masuk ke tempat wisata alam Bukit Gibeon, kamu perlu menebus tiket masuk sebesar Rp 12.000 untuk orang dewasa, sedangkan Rp 6.000 untuk anak-anak pada workday (Senin sampai Jumat). Sementara saat weekend (Sabtu, Minggu dan hari libur Nasional), tarif masuk naik, yaitu Rp 15.000 untuk orang dewasa dan untuk anak-anak sebesar Rp 10.000.

Baca Juga taman di Medan

Selain harga tiket masuk, pengunjung pun perlu menebus biaya tiket parkir sebesar Rp 2.000 untuk sepeda motor dan Rp 5.000 untuk mobil pribadi. Uniknya, untuk parkir bus sama sekali tidak ditarik alias gratis.

Harga tarif masuk dan parkir termasuk terjangkau, karena dengan total jumlah tarif yang harus dibayarkan, kamu sudah bisa masuk sekaligus menikmati semua fasilitas yang disediakan, termasuk kelima kolam renang, toilet dan pondok.

Baca Juga Makanan Khas Saksang

Rute Perjalanan Menuju Bukit Gibeon

Ada 2 rute yang bisa kamu pilih, yaitu;

  • Dari arah Parapat

Jika kamu menggunakan kendaraan pribadi dari arah  kota Parapat menuju kota Balige , kamu butuh +/- 30  menit perjalanan dengan jarak +/- 16,4 Km . Patokannya adalah di Jalan Sutan Raja DL. Sitorus, tepatnya di Desa Aek Natolu Jaya, Kecamatan Lumban Julu.

Terdapat Gapura masuk ke tempat wisata Bukit Gibeon yang terletak di sebelah kanan jalan.

Baca Juga Legenda Danau Toba

  • Dari arah Bandara Silangit

Jika kamu menggunakan kendaraan dari arah Bandara Silangit menuju kota Parapat.Patokannya adalah di Jalan Sutan Raja DL. Sitorus, Desa Aek  Natolu, Gapura atau jalan masuk ke lokasi wisata alam Bukit Gibeon terletak di sebelah kiri jalan.

Waktu tempuh ke Bukit Gibeon dari Bandara Silangit sekitar 1 jam 40 menit dengan jarak +/- 67,5Km.

bukit gibeon
Bukit GibeonGapura

Itulah beberapa pilihan rute perjalanan menuju Bukit Gibeon. Bagi kamu yang berkunjung ke sini dengan kendaraan umum, kamu hanya akan sampai pada Simpang Gapura di Jalan Sutan Raja DL. Sitorus dan harus menempuh perjalanan dengan berjalan kaki, karena tidak ada kendaraan umum untuk mencapai ke lokasi wisata.

Tepatnya lokasi Bukit Gibeon ada di Parsaoran Sibisa, Ajibata, Sionggang Utara, Lumban Julu, Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara 21174. Berikut lokasinya.

Baca Juga : Serunya Berwisata di Pulau Pandang, Banyak Hal Asyik Bisa Dinikmati Di Sini!

1 Comment Leave a comment

  1. Lani Gurning June 16, 2018 Subscriber

    Horas..
    Mau tanya dimana kami bisa menginap di Bukit Gibeon ini utk tgl 21juni ini dan siapa yg dapat dihubungi berikut nomor telepon yg aktif.
    Terima kasih

Leave your comment

%d bloggers like this: