Munson dan Lyman, Cikal Bakal Penyebaran Agama Kristen

Samuel Munson dan Henry Lyman merupakan misionaris asal Amerika. Makam kedua pendeta ini menjadi wisata unggulan di Tapanuli Utara. Mengapa Munson dan Leman merupakan tokoh yang dianggap penting di tanah batak?

Lalu sebenarnya siapakah Munson dan Leman?

Munson dan Lyman

 

munson dan lyman
Samual Munson dan Henry Lyman

Kedua misionaris atau dikenal juga dengan penginjil asal Amerika masuk ke tanah batak pada tahun 1834. Mereka memiliki misi untuk ‘mengkristenisasi’ tanah batak pada saat itu.

Sebelum misi mereka selesai, mereka harus gugur ditengah-tengah perjalanan misi. Kedua misionaris dicegat oleh penduduk setempat di daerah perbatasan Lobu Pining, Tarutung, pada tanggal 28 Juni 1834.

Beberapa sumber mengatakan Munson dan Lyman dibunuh dan tubuh mereka dimakan oleh Batak Kuno yang kanibal.

Akan tetapi, beberapa sumber lainnya mengatakan bahwa Munson dan Leman terbunuh saat ada bentrokan yang mengakibatkan seorang wanita dari penduduk asli terbunuh.

Bentrokan tersebut tak lain dan tak bukan dikarenakan adanya kesalahan maksud tujuan yang disampaikan Munson dan Leman ke penduduk setempat atas kedatangan mereka ke tanah batak

 

Asal Muasal Penyebaran Agama Kristen di Tanah Batak

Walaupun sebab terbunuhnya Munson dan Leman masih menjadi misteri, akan tetapi kedua misionaris ini merupakan tokoh penting cikal bakal penyebaran agama kristen di tanah batak.

Setelah peristiwa tersebut terjadi Amerika melakukan perdamaian dengan para raja batak. Pihak Amerika meminta dua orang anak raja untuk dapat menuntut ilmu di Amerika, untuk dijadikan pendeta pengganti Munson dan Leman.

Hal ini ditolak oleh raja, karena dikhawatirkan anak mereka dijadikan tumbal atas kematian misionaris tersebut. Sebagai jalan tengah diambil, Amerika meminta raja untuk memberikan tanda untuk wilayah yang boleh dikunjungi.

Tanda tersebut ditandai dengan batu yang dibawa langsung dari Amerika dan bertuliskan Zar Erinnerung an die Amerikanilchen Mariyrer des Evangeliums im Batakland Henry Lyman dan Samuel Munson 1834.

Makam Munson dan Lyman

munson dan lyman
Makam Munson dan Lyman

Lokasi makam kedua pendeta ini berada di Kecamatan Adiankoting, Kabupaten Tapanuli Utara, atau 12 kilometer dari Kota Balige. Makam Munson dan Leman merupakan salah satu tempat wisata di Tapanuli Utara.

 

Baca juga : Pesona Alam Huta Ginjang

 

 

Leave your comment

%d bloggers like this: