Tempat Wisata di Tapanuli Utara yang Wajib Dikunjungi

Seperti yang kita ketahui bersama, Sumatara Utara memiliki keindahan alam yang tidak bisa dipungkiri. Selain Danau Toba, ternyata banyak sekali tempat wisata di Sumatra Utara yang tersebar di masing-masing kabupaten. Salah satu kabupaten yang terletak di Sumatera Utara adalah Tapanuli Utara.

 

Wisata Tapanuli Utara
Peta Wilayah Tapanuli Utara
Wisata Tapanuli Utara
Peta Wilayah Tapanuli Utara per-Kecamatan

 

Kabupaten Tapanuli Utara memiliki luas 3.793,71 kilometer persegi (km2) yang terdiri dari 15 Kecamatan, yaitu:

 

1. Tempat Wisata di Adiankoting

Tempat Wisata di Adiankoting, Tapanuli Utara diantaranya:

Makam Munson dan Leman

tempat wisata di tapanuli utara
Makan Pendeta Munson dan Lyman

Salah satu wisata sejarah yang ada di Tapanuli Utara yaitu makan Pendeta Munson dan Leman. Kedua pendera ini merupakan tokoh penting dalam cikal bakal penyebaran agama kristen di tanah batak.

Pendeta Munson dan Leman datang ke tanah batak sebelum I.L.Nonmensen. Saat kedua misionaris ini datang, saat itu masyarakat batak belum dapat menerima ajaran agama kristen.

2. Tempat Wisata Garoga

 

3. Tempat Wisata Muara

Tempat Wisata di Muara, Tapanuli Utara diantaranya:

Huta Ginjang

tourtoba.com - wisata tarutung, Tour Toba - Wisata Danau Toba - The Ultimate Guide To Lake Toba - Paket Wisata Danau Toba - Hotel Terbaik di Sekitar Danau Toba - Restoran Terbaik di Samosir - Tempat Wisata Di Sekitar Danau Toba - Panduan Wisata Danau Toba dan Pulau Samosir
Pemandangan Alam Huta Ginjang

Berada di ketinggian 1550 mpdl, tempat wisata di Tapanuli Utara ini merupakan spot yang cocok untuk Anda melepas lelah setelah perjalanan jauh.

Huta Ginjang merupakan salah satu spot terbaik untuk menikmati ketenangan Danau Toba dan juga keindahan daerah sekitar Danau Toba.

Sepanjang perjalanan menuju tempat ini, Anda akan dimanjakan dengan deretan hutan pinus yang memingkai daerah ini menjadi asri.

 

Bukit Doa Taber

tempat wisata di tapanuli utara
Bukit Doa Taber

Wisata religi yang berada di sekitar Huta Ginjang adalah Bukit Doa Taber. Dibangun sejak 1996, patung berbentuk kedua telapak tangan saling mengatup merupakan tempat wisata di Tapanuli Utara yang ramai dikunjungi saat Hari Raya Natal.

Panorama patung ini dibingkai panorama alam yang indah sehingga membuat tempat ini menjadi tempat wisata di Tapanuli Utara yang wajib dikunjungi.

Tugu Toga Aritonang

tempat wisata di Tapanuli Utara
Toga Aritonang

Tugu ini terletak di Desa Dolok Amar, Kecamatan Muara. Letaknya hanya berada 1000 meter di bibir Danau Toba yang membuat tempat ini mudah dijangkau karena pemerintah setempat juga sudah memfasilitasi dengan jalan menuju Toga Aritonang dari bibir Danau Toba.

Pembangunan Toga Aritonang merupakan bentuk penghormatan leluhur terdahulu dan sebagai pengingat bagi generasi saat ini mengenai nilai-nilai leluhur yang diturunkan turun-temurun.

 

4. Tempat Wisata Siatas Barita

Tempat Wisata di Siatas Barita, Tapanuli Utara diantaranya:

Salib Kasih Siatas Barita

tempat wisata di Tapanuli Utara
Salib Kasih Siatas Barita

Jika Anda berkunjung ke Tapanuli Utara, ada wisata religi khusus Anda yang beragama Kristiani yaitu Salib Kasih Siatas Barita. Keistimewaan dari tempat wisata religi ini karena tempat ini dikelilingi oleh pepohonan yang tinggi sehingga menciptakan suasana tentram.

Selain itu, pemandangan yang menakjubkan yang dimiliki tempat wisata religi ini membuat Anda merasa wajib untuk mengunjunginya.

5. Tempat Wisata Siborongborong

Tempat Wisata di Siborongborong, Tapanuli Utara diantaranya:

Pacuan Kuda Siborongborong

tempat wisata di tapanuli utara
Pacuan Kuda Siborongborong

Selain panorama alama yang indah, tempat wisata di Tapanuli Utara tergolong lengkap. Hal ini karena, di Tapanuli Utara ada juga tempat wisata olahraga yaitu Pacuan Kuda Siborongborong. Salah satu tempat ikonik di Tapanuli Utara ini sudah sudah ada sejak jaman Belanda.

 

6. Tempat Wisata Sipoholon

Tempat Wisata di Sipoholon, Tapanuli Utara diantaranya:

Kawah Sipoholon & Pemandian Air Panas Sipoholon

tempat wisata di Tapanuli Utara

Jika melihat keindahan di Pemandian Air Panas Sipoholon, Anda pasti teringat dengan Pamukkale di Turki. Tidak perlu jauh-jauh ke Turki untuk menikmati keindahan alam yang serupa, ternyata Indonesia juga punya.

Pemandian Air Panas Sipoholon merupakan tempat wisata di Tapanuli Utara yang memiliki tempat spot selfie yang instagramble yang dihiasi dengan bantuan kapur yang sangat indah. Selain itu, kandungan belerang yang menyebur di pemandian air panas sipoholon dapat menjadi terapi kesehatan yang akan membuat Anda merasa rileks.

 

7. Tempat Wisata Tarutung

Tempat Wisata di Tarutung ,Tapanuli Utara diantaranya:

Goa Natumandi

tempat wisata di Tapanuli Utara
Goa Natumandi

Tempat wisata ini terletak di Kecamatan Tarutung, Tapanuli Utara. Letak goa ini berada tepat di sebelah sungai (Aek) Natumandi yang pada zaman dahulu digunakan oleh masyarakat sekitar untuk keperluan sehari-hari.

Goa Natumandi sangat kental dengan legenda ular jelmaan, yang menceritakan kisah seorang Boru Natumandi yang terpikat dengan kegagahan seorang pria dimana pria tersebut merupakan jelmaan ular.

Air Soda Sirara Tarutung

tempat wisata di tapanuli utara
Aek Rara

Air soda dijadikan tempat pemandian? Mungkin baru kali ini Anda mendengar hal tersebut, akan tetapi khusus di Tapanuli Utara hal itu terjadi. Tempat wisata di Tapanuli Utara yang unik ini merupakan keajaiban alam yang ada di Kecamatan Tarutung, Tapanuli Utara, Sumatera Utara.

Air Soda Sirara Tarutung atau dikenal juga dengan Aek Rara memberikan sensasi berbeda ketika Anda berendam di kolam ini, gelembung-gelembung kecil yang keluar dari dasar kolam memberikan pengalaman unik untuk Anda.

 

Sopo PartungkoanSOPO PARTUNGKOAN

Sopo Partungkoan atau dikenal juga dengan Sopo Panision, terletak di dekat kantor pemerintahan Tarutung. Berasal dari bahasa bartak, ‘Sopo’ yang berarti rumah dan ‘Partungkoan’ yang berarti tempat pertemuan.

Bangunan yang memiliki ornamen khas batak ini difungsikan sebagai tempat pertunjukan kesenian. Wisata sejarah ini merupakan tempat wisata di Tapanuli Utara yang wajib Anda kunjungi.

 

  1. Tempat Wisata Pagaran

 

  1. Tempat Wisata Pahae Jae

 

  1. Tempat Wisata Pahae Julu

 

  1. Tempat Wisata Pangaribuan

 

  1. Tempat Wisata Parmonangan

 

  1. Tempat Wisata Purbatua

 

  1. Tempat Wisata Simanguban

 

  1. Tempat Wisata Sipahutar

 

 

 

 

 

Leave your comment

%d bloggers like this: