Wisata Sejarah Murah Dan  Menarik Di Museum Jamin Ginting

Museum Jamin Ginting mungkin masih kurang familiar di telinga kita. Museum ini diambil dari nama seorang pahlawan yaitu Jamin Ginting. Beliau ini adalah pejuang kemerdekaan yang mengusir penjajah di Tanah Karo.  Pembangunan museum ini tujuannya adalah untuk mengenang jasa sosok pahlawan nasional Letjen Jamin Ginting agar pemuda Indonesia semakin menghargai jasa para pahlawan yang telah bertaruh jiwa raga demi mendapatkan kemerdekaan.

Museum Jamin Ginting

 

Daya tarik Museum Jamin Ginting 

 

 

Daya Tarik yang sangat mencolok dari museum ini adalah designnya yang bisa dibilang lain daripada yang lain. Bentuk museumnya sangat unik karena menyerupai kulit kacang dengan warna silver. Ternyata bentuk kacang ini dibuat bukan tanpa tujuan, ada filosofi yang terkandung di dalamnya. Filosofinya adalah kulit kacang yang terus melindungi isinya dalam berbagai macam musim.

 

Hal ini mewakili sosok Jamin Ginting semasa hidupnya karena beliau berjuang demi melindungi bangsa Indonesia . Selain itu, designnya yang unik juga dijadikan icon desa tempat kelahiran Jamin Ginting. Harapannya museum ini dapat menjadi tempat melestarikan kebudayaan dan sejarah yang telah ada sehingga dapat diteladani oleh para penerus bangsa untuk memiliki semangat juang yang tinggi.

 

 

Saat pertama kali menginjakkan kaki di museum Jamin Ginting ini mungkin yang kesan mewahnya. Museum ini memiliki halaman luar yang luas dilengkapi dengan patung Letjend Jaman Ginting dengan ukuran besar disertai bangunan berlantai dua. Di sisi lain, terdapat pula 2 buah kendaraan perang peninggalan jaman dahulu yang bisa dijadikan tempat berfoto.

 

 

Di lantai 1 kamu akan menemukan berbagai macam alat pertanian yang digunakan pada jaman dahulu , mesin tenun, alat dapur dan lain sebagainya. Di lantai 2, ada berbagai macam barang milik Letjend Jamin Ginting seperti baju, piagam penghargaan, tongkat, buku dan sejarah saat menghadapi penjajah di jaman Belanda.

 

 

Untuk kamu yang tertarik berkunjung ke museum Jamin Ginting, silahkan datang ke Desa Suka, kecamatan Tiga Panah, Kabupaten Karo. Yang perlu diingat, museum ini hanya buka pada hari Selasa hingga minggu. Jam bukanya mulai pukul 10.00 s/d 18.00 dan tiket masuknya sangat murah yaitu Rp. 5.000. Selamat berkunjung, semoga menyenangkan dan mendapat banyak ilmu.

 

Baca Juga : Di mana Tempat Cari Ulos di Medan?

Liburan Danau Toba

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *