Pulau Sibandang, Surga di Tengah Danau Toba

TourToba – Destinasi wisata Danau Toba memang tiada duanya, apa lagi jika dinikmati melalui Pulau Sibandang. Pulau yang secara administratif masuk dalam wilayah Kecamatan Muara, Kab. Tapanuli Utara, Sumatra Utara ini menjanjikan eksotisme alam, budaya, sejarah hingga argowisata.

Pulau Sibandang berada di tengah Danau Toba, pulau ini sangat cantik dan menawan. Sibandang mempunyai paket lengkap sebagai salah satu destinasi terbaik di kawasan Danau Toba.

6 Fakta Pulau Sibandang

TourToba.com - Wisata Danau Toba, wisata pulau sibandang, surga ditengah danau toba - pulau sibandang, kain ulos, ritual kuno hoda-hoda

Jalur Wisata Pulau Sibandang

Memiliki potensi alam yang luar biasa membuat Pulau Sibandang memiliki karakter yang unik. Garis pertemuan antara perairan dan daratan berupa bebatuan atau non pasir. Pantainya yang berhadapan langsung dengan Tarabung, Sigaol, Bakkara, Muara, Nainggolan Pulau Samosir, dan Delok Tolong Toba Samosir.

Melihat Proses Pembuatan Kain Ulos Asli Kerajinan Sumatera Utara

Parade seni dan budaya yang ada di Pulau Sibandang juga menarik. Kalian dapat mengetahui proses pembuatan Ulos Harungguan di Desa Papande. Ulos di sini di buat secara tradisional. Mulai dari bahan kapas, pembuatan dan pewarnaan benang, hingga pembuatan motif yang masih tradisional.

Ritual Hoda-Hoda

Saat berada di Pulau Sibandang, para wisatawan dapat menikmati Hoda-hoda. Salah satu ritual kuno masyarakat desa Sampuran yang dipadukan dengan Tarian Monsak yang merupakan sejenis ilmu bela diri silat dari tanah batak.

Sama seperti area lainnya, pengunjung dapat diajak Manortor, pengunjung dapat belajar membuat sampan khas Danau Toba. Pengunjung dapat menyaksikan Rumah Adat Bolom dengan arsitekturnya yang amat unik dan khas.

Jelajahi Wisata Sejarah

Pulau seluas 850 hektar ini memiliki peninggalan sejarah berupa Rumah Kepala Nagari Raja gukguk. Ada juga makan raja serta Ulama yang diyakini sebagai raja Pulau Sibandang, hingga situs berupa Partukkoan yang merupakan kursi batu tempat para raja terdahulu melakukan musyawarah.