Resep dan Sejarah Dali Ni Horbo

Sejarah Dali ni HorboDali ni horbo

Awalnya, mengolah susu kerbau menjadi Dali atau Bagot ni Horbo adalah tradisi yang telah dimulai oleh leluhur orang Batak sejak adanya asosiasi Batak. Makanan khas dari Tapanuli adalah menu utama yang selalu hadir di setiap rumah Batak. Tidak hanya itu, Dali atau Bagot ni asli Horbo yang terletak di Tanah Batak, biasanya dimakan tanpa nasi, atau bisa juga disajikan sebagai Arsik Bagot ni Horbo, atau disajikan dengan makanan khusus lainnya yang bisa membuat lidah merasakan kenikmatan luar biasa.

Resep Dali ni Horbo

Untuk mengolah Keju Batak ini tidak terlalu sulit. Karena, semua bahan yang dibutuhkan sangat sederhana, begitu juga dengan membuatnya praktis. Jadi, bagi Anda yang sudah mencobanya untuk pertama kalinya, tidak perlu khawatir. Setelah ini, kami akan menjelaskan bantuan kepada Anda yang ingin mencobanya.

Bahan untuk membuat Bagot ni Horbo:

  1. 1 liter susu kerbau (jika Anda tidak memilikinya, Anda dapat membuat Dali ni Sapi, karena rasanya akan sama).
  2. Air segar 1 lembar daun pepaya hijau segar (untuk mengurangi bau amis).
  3. Jus nanas air tawar dari nanas setengah (Untuk membantu proses pengentalan).

Bagaimana membuat:

Pembuatan Keju Batak ini sangat praktis. Tambahkan kerbau / susu sapi ke dalam pot steril, dan rebus sampai mendidih (sekitar 10 menit). Kurangi jumlah api, dan masukkan air nanas secara perlahan untuk membantu mengentalkan. Tambahkan jus daun pepaya secukupnya, dan didihkan selama beberapa menit. Setelah itu, keluarkan dari api, lalu tuangkan ke tempat terakhir dan biarkan dingin. Jika Anda memiliki pendingin, silakan masukkan ke dalam pendingin, sehingga hasilnya lebih segar.

Sebenarnya, dalam proses pembuatan Dali ni Horbo, susu kerbau dimasak dengan api kecil sampai mendidih dan mengental. Dalam proses memasak, biasanya akan ada busa di bagian atas susu yang sedang dimasak. Buih-buih ini harus diminum sedikit demi sedikit sampai susu perlahan mengental. Teksturnya yang padat seperti tahu dan keju, disebabkan oleh air daun pepaya yang ditambahkan ke dalamnya, yang juga merupakan alasan untuk warna kehijauan yang ditemukan dalam susu.Dali atau Bagot, horbo ini, bisa langsung dikonsumsi karena sudah melalui proses pemasakan. Namun, Keju Batak ini akan lebih nikmat jika dimasak dengan ramuan aromatik. Arsik adalah suku Batak yang khas yang juga menggunakan “Andaliman” Batak spesialisasi serta Naniura. Dan, saat ini, sebagian besar jenis masakan yang menggunakan Dali ni Horbo di beberapa restoran yang tersebar di Sumatera Utara adalah masakan Arsik Dali ni Horbo. Pernahkah Anda mencoba kreasi menu makanan yang menggunakan Dali atau Bagot ni Horbo selain Arsik?

 

Baca Juga : Natinombur, Makanan Khas Batak, Pedas dan Sedap!

Liburan Danau Toba

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *