Tempat Wisata di Pusuk Buhit yang Menarik Dikunjungi dan Mempesona

WISATA DANAU TOBA – TOUR TOBA

Tempat wisata di Pusuk Buhit mungkin banyak yang belum mengenalnya. Gunung Pusuk Buhit yang terletak di sekitar Danau Toba memiliki pemandangan alam yang sangat mempesona, selain Pulau Samosir.

Serupa dengan Gunung Sibayak yang dianggap kramat oleh Suku Batak,  Gunung Pusuk Buhit juga dianggap kramat oleh masyarakat sekitar.

Gunung yang hanya memiliki ketinggian 1972 ini menawarkan pesona alam yang mampu mencengangkan siapa saja yang melihatnya.

Selain cocok sebagai spot untuk pendakian, daerah ini juga memiliki beberapa tempat wisata menarik yang tidak akan membuat menyesal siapa saja yang berkunjung ke sini.

 

Tempat Wisata di Pusuk Buhit

 

1. Rumah Persaktian

Letak Rumah Persaktian berada di Kecamatan Sianjur Mula-Mula. Tempat wisata di Pusuk Buhit ini memberikan informasi kepada wisatawan mengenai kehidupan orang Batak, khususnya dalam melakukan kegiatan peribadatan.

Pada zaman dulu, orang Batak merupakan penganut animisme atau tidak memiliki kepercayaan tentang adanya agama dan Tuhan. Disini Anda dapat mengenal orang Batak pada zaman dahulu dengan lebih dekat.

 

2. Batu Hobon

Suku Batak terkenal dengan hal-hal yang berbau mistis. Jadi tidak heran jika di daerah ini Anda akan menemukan cukup banyak tempat yang dikeramatkan.

Salah satu yang paling terkenal adalah Batu Hobon, sebuah batu berukuran sangat besar yang menurut cerita merupakan hasil buah tangan dari Raja Uti (cucu Raja Batak).

Dahulu, di sinilah masyarakat suku Batak menyimpan benda-benda pusakanya, termasuk kitab yang berisi ajaran dari para leluhur.

 

3. Aek Sipitu Dai

Ingin merasakan sensasi segarnya air dingin dari Gunung Pusuk Buhit yang mampu membuat badan Anda segar? Datang saja ke pemandian umum Aek Sipitu Dae yang terletak di Desa Limbong Sigala.

Tapi awas, ketika sampai di sini, Anda jangan sampai salah masuk ruangan karena selain terdapat pemandian umum, di pemandian umum ini juga terdapat tempat spiritualnya juga.

 

4. Batu Cawan

Banyak orang yang kurang nyaman mandi di pemandian umum yang ramai pengunjungnya. Jika Anda termasuk orang yang demikian, jangan khawatir, di Pusuk Buhit masih punya tempat wisata berupa pemandian umum yang bernama Batu Cawan.

Kalau di Aek Sipitu Dae biasanya ramai pengunjung, beda dengan Batu Cawan yang lebih sepi pengunjung. Di sini pula Anda bisa merasakan sensasi minum air pegunungan asli yang segar.

 

Selain keempat tempat wisata tersebut, Anda dapat menikmati keindahan alam Danau Toba dari Menara Tele dan Puncak Pusuk Buhit.

Baik siang maupun malam, dari puncak tersebut, Anda akan disuguhi panorama fantastik baik dari refleksi awan yang menggumpal di permukaan air Danau Toba maupun kerlap kerlip lampu dari rumah penduduk di Pulau Samosir.

 

Baca juga : Pulau Sibandang, Surya Tersembunyi di Sekitar Danau Toba

Liburan Danau Toba

1 thought on “Tempat Wisata di Pusuk Buhit yang Menarik Dikunjungi dan Mempesona”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *