Wisata Sidikalang Daerah Sekitar Danau Toba Yang Wajib Dikunjungi

WISATA DANAU TOBA – TOUR TOBA

Wisata Sidikalang yang Mempesona

Wisata Sidikalang merupakan salah satu wisata yang dapat dikunjungi di daerah Danau Toba. Keindahan alam dan kekayaan sumberdaya alamnya memiliki pesona tersendiri. Berikut tempat wisata Sidikalang yang dapat dikunjungi

5 Tempat Wisata Sidikalang yang Wajib Dikunjungi

1. KM 11

tourtoba.com - wisata sidikalang
KM 11 , Wisata Sidikalang

Jika Anda penggemar durian, KM 11 merupakan tempat yang wajib dikunjungi pada wisata Sidakalang. Tempat ini merupakan penghasil buah durian. KM 11 terletak 11 kilometer dari ibukota kabupaten. Sebagai pengalaman baru, Anda juga dapat memetik buah nanas langsung dari pohon.

2. Tao Silalahi

tourtoba.com - wisata sidikalang
Tao Silalahi , Wisata Sidikalang

Tao Silalahi disebut juga Tao Naso Boi Ni Habangan Ni Lali, artinya “tao silalahi tidak daat diseberangi oleh burung Rajawali.

Pada dahulu kala, jika melintasi Tao Silalahi maka tidak boleh sembarangan baik dari ucapan maupun sikap karena akan menyebabkan bencana.

Tempat wisata Sidikalang ini terletak di kecamatan Silahisabungan, Kabupaten Dairi. Danau ini terletak di sepanjang pantai desa Silalahi I, Silalahi 2, Silalahi III dan Paropo, dengan panjang 28 Km.

Tao Silalahi adalah perairan Danau Toba, dimana merupakan palung terdalam di dunia dengan kedalaman 905 meter.

3. Air Terjun Lau Baski

Air terjun yang berada di Parongil, kecamatan Siempat Nempu Hilir, memiliki ketinggian sekitar 13 meter. Keindahan air terjun Lau Baski yang  diapit oleh hutan-hutan yang masih alami akan membuat Anda terpukau dan merasa rileks.

tourtoba.com - wisata sidikalang
Air Terjun Lau Baski

Air terjun Lau Baski terletaknya di tengah hutan berada di tengah hutan Bukit Barisan.  Untuk sampai ke air terjun ini membutuhkan waktu sekitar 2 jam dari kota Sidakalang, Menempuh perjalanan sekitar 2 jam dari Kota Sidikalang. Anda akan terpukau dengan keindahan air terjun dan hutan sekitar yang masih alami

4. Rumah Pohon / Sarang Burung Puncak Sidiangkat

Berwisata tidak lengkap rasanya jika tidak menggambil foto yang unik sebagai kenang-kengangan. Salah satu wisata sidakalang yang unik dan memiliki spot foto yang bagus adalah Rumah Pohon Puncak Sidiangkat.

tourtoba.com - wisata sidikalang
Rumah Pohon , wisata sidikalang

Untuk mendapatkan spot foto ala sangkar burung ini, Anda cukup mengeluarkan Rp 5,000 untuk membayar retribusinya. Keunikan spot ini selain bentuknya yang menyerupai sarang burung, background pepohonan menambah keindahan spot ini.

Cara menuju ke sana, Anda dapat naik bus Datra atau Damri tujuan Phakphak Barat dari Simpang Salak atau “Timbangan”. Jangan lupa sebelum Anda naik, infokan terlebih ke supir bus untuk menurunkan Anda di Sidiangkat.

5. Kopi Sidikalang

Belum wisata Sidikalang jika belum mencicipi Kopi Sidikalang. Kopi dari daerah Sidikalang terkenal dengan cita rasanya yang tinggi, bahkan hal tersebut pun diakui oleh pencinta kopi di mancanegara.

tourtoba.com - wisata sidikalang
Kopi Sidikalang memiliki Cita Rasa Tinggi

Kopi Sidikalang merupakan pesaing Kopi Brazil yang sampai detik ini merupakan kopi terbaik di dunia. Hal yang menarik dari Kopi Sidikalang ini adalah Kopi Sidikalang ditanam dari komibinasi tanas di daerah Bukit Barisan yang berada di ketinggian 1.500 meter di atas permukaan laut. Selain Sidikalag, daerah penghasil kopi terbaik di Sumatera Utara yaitu Mandailing dan Lintonghitua.

Keunikan Kopi Sumatera dibanding dengan kopi-kopi lainnya adalah cita rasanya paling berat dan kompeks dibandingkan dengan kopi yang berada di belahan dunia lainnya. Kopi Sumatera memiliki tekstur halus, sebagian besar kopi yang diproduksi di daerah Sumatera diproses secara kering dan beberapa diantaranya melalui proses pencucian ringan (semi-washed)

Baca artikel :Negeri Bakara yang Mempesona

Liburan Danau Toba

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *