Destinasi Terbaik Tempat Wisata Tarung Tapanuli Utara

TourToba – Tempat wisata di Tarung Tapaluni Utara – Kota Tarung merupakan salah satu nama kecamatan sekaligus ibu kota Kabupaten Tapanulini Utara. Tarung berada persis di tengah-tengah Rura Silindung yang dikelilingi perbukitan hijau dan lebabt.

Kota ini menjadi sejarah orang Batak mengenal agama Kristiani ini juga dikenal dengan kota wisata rohani. Ternyata, di sini juga banyak destinasi tempat wisata Tapanuli Utara yang sungguh memukau. Berikut ulasannya:

Tempat wisata Tarung Tapanuli Utara

Air Soda Desa Parbubu

Air Soda merupakan tempat wisata Tarung Tapanuli Utara yang ditemukan pada tahun 1973 di Desa Parbubu Kecamatan Tarung oleh ibu Miner Sihite. Awalnya air soda ini merupakan mata air yang ada di semak persawahan, kemudian dikelola menjadi kolam pemandian.

Lokasi tempat wisata air soda : Parbubu I, Tarutung, Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatera Utara 22411

Pemandian air soda ini juga Aek Rara (Aek= air, rara= merah) karena berwarna kemerahan. Air Soda desa Parbubu merupakan pemandian air soda satu-satunya yang ada di Indonesia dan hanya terdapat 2 di dunia. Satu lagi Wisata Air Soda selain di Kota Tarutung yaitu di Negara Venezuela.

Desa Muara

Keindahan desa Muara dengan pantainya tidak perlu diragukan lagi, karena dikelilingi oleh bukit-bukit terjal diantara hijaunya lembah dan sejuknya pemandangan. Selain pantai Danau Toba, sebuah pulau kecil yaitu pulau Sibandang menjadi pelengkap berkunjung ke desa Muara.

Lokasi Desa Muara: Muara, North Tapanuli Regency, North Sumatra, Indonesia

Ada juga sebuah peninggalan adat budaya yaitu Tugu Siregar yang cocok menjadi tempat untuk memandangi danau Toba dengan pulau Sibanding.

Salib Kasih Siatas Barita

Salib Kasih, Siatas Barita adalah sebuah tempat wisata rohani di perbukitan Siatas Barita yang dibuat untuk mengenang jasa missionaris agama kristen yang berasal dari Jerman DR.Ingwer Ludwig Nommensen. Lokasi Salib Kasih merupakan tempat DR.IL Nommensen dahulu sering memandang ke arah Rura Silindung di bawahnya.

Banyak juga umat beragama lain yang mengunjunginya untuk menikmati pemandangannya. Akses satu-satunya mencapai puncak bukit yaitu dengan berjalan kaki sepanjang 650 meter dengan tangga-tangga kecil yang sangat indah dengan ukiran menarik di sepanjang tangga.

Rimbunnya pepohonan Pinus cukup membantu untuk melupakan lelah ketika naik tangga. Di berapa titik sepanjang perjalan juga disediakan tempat beristirahat, untuk melepas lelah.

Pemandian Air Panas Sipoholon

Tempat wisata pemandian air panas Sipoholon merupakan pemandian yang mengandung belerang. Selain menjadi tempat pemandian, pengunjung juga bisa melihat lokasi tempat keluarnya air panas secara langsung.

Lokasi tempat wisata Pemandian Air Panas Sipoholon : Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatera Utara

Banyak orang yang menyebutnya sebagai “Salju Panas” karena persis salju yang unik dan indah. Salju ini sebenarnya merupakan tumpukan zat kapur yang melapisi seolah seperti salju.

Liburan Danau Toba

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *