Daftar Kuliner Khas Medan

Wisata Danau Toba – Kuliner Khas Medan – Makanan Khas Batak – Daftar kuliner khas Medan dan oleh-oleh Khas Medan yang dapat menjadi target buruan bagi kamu yang ingin berwisata kuliner di Kota Medan dan sekitar Danau Toba.

Arsik Ikan Mas

Jika Anda pernah menghadiri acara adat orang Batak, pasti pernah melihat Arsik. Pada dasarnya, salah satu kuliner khas Batak yang halal ini menggunakan bahan dasar ikan, seperti ikan mujair, ikan mas, dan ikan nila.

Yang unik dari makanan ini adalah bahan ikannya ditangkap langsung dari Danau Toba, danau paling fenomenal di Medan. Ditambah dengan rempah andaliman, menjadikan Arsik begitu nikmat di lidah dengan rasa pedas dan aroma yang khas.

Babi Panggang Karo

Salah satu makanan khas Batak dan Karo yang legendaris adalah Babi Panggang Karo — sering disingkat BPK — yang digemari penduduk setempat dan terkenal secara nasional lewat kehadiran Lapo atau restoran Batak dan Karo di kota-kota besar di Indonesia.

Babi Panggang Karo terdiri dari irisan daging babi panggang dengan tiga saus penyerta. Tiga saus penyerta itu antara lain, semangkuk kaldu yang terbuat dari rebusan tulang babi, sepiring darah babi yang dimasak dengan lada dan cabai, serta sepiring sambal pedas.

Bihun Bebek

Seperti juga namanya, Bihun Bebek merupakan masakan khas Medan yang terbuat dari mie bihun dan bebek yang dibumbui dengan resep istimewa khas Sumatera Utara.

Bika Ambon

Kendati namanya Bika Ambon, oleh-oleh khas Medan ini bukan berasal dari ambon. Makanan ini berasal dari kota Medan. Berbentuk kotak dan memiliki banyak lubang di sisinya dengan tekstur serat-serat yang kenyal.

Bolu Meranti

Siapa yang tak kenal Bolu Meranti ? Oleh-oleh khas Medan ini termasuk yang paling banyak dicari oleh wisatawan. Kue bolu gulung ini memiliki tekstur yang lembut dengan kelezatannya yang mampu membuat lidah bergoyang.

Bagi para pecinta keju, pasti langsung terpikat oleh bolu keju yang menjadi idola. Di samping itu, ada beberapa varian rasa yang tak kalah enaknya seperti, strawberry, mocca, blueberry, kacang, nanas, abon ayam, cappucino, dll.

Bubur Pedas

Durian Ucok

Bagi anda penggila durian, Durian Ucok harus anda sambangi. Ada yang suka rasa manis ada yang suka pahit. Kalo rasa tidak pas, langsung minta ganti, jangan ragu. Durian Ucok bagai tak pernah kehabisan stok.

Bagi Anda yang hendak membawa durian ucok dengan pesawat tak perlu khawatir ditahan di Bandara.
Durian Ucok berinovasi dengan kemasan yang rapat dan dibalut daun padan juga kopi sehingga bisa menyamarkan bau durian yang tajam.

Ikan Teri Medan

Oleh-oleh khas Medan ini juga terkenal untuk keawetannya yang tahan lama, tidak mudah kedaluwarsa. Dengan ukurannya yang kecil ini, ikan teri medan pas dijadikan sebagai oleh-oleh khas saat anda berkunjung dari daerah Medan.

Rasanya yang gurih dan sangat cocok dijadikan olahan sambal yang pedas atau campuran nasi goreng. Memakan nasi hangat dengan lauk ikan teri ini akan semakin menambah nafsu makan. Coba saja!

Kacang Garing Sihobuk

Kacang Sihobuk sesuai namnaya berasal dari desa Sihobuk, Tarutung, Tapanuli Utara.

Cemilan khas kota Medan ini mempunyai cita rasa sedikit manis dengan teksturnya yang garing dan renyah dijamin akan membuat anda susah berhenti untuk mengunyah.

Kari atau Gulai Ayam

Kolak durian

Kopi Sidikalang

Bagi pecinta kopi, silahkan mencoba Kopi Sidikalang khas Sumatera ini. Sidikalang adalah nama desa di Sumatera Utara yang dikenal sebagai produsen penghasil biji kopi robusta.

Kadar kafein Kopi Sidikalang cukup tinggi yaitu sekitar 70-80%, pastinya mantap untuk menyegarkan suasana anda. Kopi Sidikalang ini juga terkenal tak hanya di dalam negeri saja, tapi hingga seluruh dunia menyaingi kopi brasil.

Laksa Medan

Lemang

Lontong Medan

Manisan Jambu

Manisan jambu khas Medan merupakan salah satu buah tangan jika Anda berkunjung ke Medan. Manisan ini berbahan dasar jambu biji atau biasa disebut dengan jambu klutuk.

Biasanya manisan jambu khas medan disajikan tanpa biji sehingga mudah untuk dikonsumsi. Selain itu, untuk melengkapi rasa manis pada manisan ini dilengkapi dengan sambal rusak yang khas.

Martabak Piring

Mie Aceh Medan

Mie Balap

Mie Gomak

Siapa bilang jika nikmatnya spageti hanya dimiliki oleh orang barat saja. Coba saja ke tanah Batak. Di sini terdapat makanan khas bernama Mie Gomak yang tampilan dan rasanya tak kalah dengan spageti ala orang barat.

Jika berkesempatan untuk menginap di Medan, jangan lewatkan pagi Anda untuk mencicipi Mie Gomak agar pagi kamu lebih berasa dan semangat.

Ciri khas makanan ini adalah mie dengan ukuran besar yang cara penyajiannya menggunakan tangan dengan cara digomak.

Nasi Cumi Pedas

Nasi Hainam

Nasi Lemak

Pancake Durian

Saksang

Masakan khas Batak ini sering dikaitkan dengan upacara adat tradisional Batak Toba.

Saksang adalah masakan khas Batak yang terbuat dari olahan daging B1, B2, atau daging kerbau yang dicincang dan dibumbui dengan rempah-rempah khas Batak dan santan.

Rempah-rempah khas kuliner Batak antara lain; lengkuas, jeruk purut, ketumbar, daun salam, bawang merah, bawang putih, merica, cabai, jahe, serai, kunyit dan pamungkasnya andaliman.

Sate kerang

Sate Padang Medan

Sayur Daun Ubi Tumbuk

Sebenarnya kuliner khas Batak yang bernama Daun Ubi Tumbuk ini hampir sama dengan masakan daun ubi di daerah lainnya di Indonesia. Yang membuat makanan ini unik karena adanya buah rimbang.

Cara membuatnya pun sangat mudah. Daun ubi dan bahan-bahan seperti cabai, bawang putih, bawah merah, dan buah rimbang ditumbuk secara bersamaan kemudian direbus dan ditambah santan sampai hampir matang.

Sayur Gurih Tauco

Sirup Buah Markisa

Sop Lembu

Soto Medan

Soto Udang

Tahu Balik

Liburan Danau Toba

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *