Mie Gomak Medan : Spaghetti nya Sumatera Utara Makanan Batak Toba

Makanan Batak – Tourtoba.com

 

Jika Medan biasanya dikenal dengan mie balapnya, maka ada satu kuliner lagi dari daerah yang masih satu kawasan bernama mie gomak Medan. Meskipun asal usulnya tidak sejelas mie balap, namun mie yang asli dari daerah Toba Samosir dan menjadi salah satu makanan khas batak Toba ini kini banyak digandrungi wisatawan.

 

Selain karena merupakan masakan yang sudah dikenal sejak lama, mie gomak Medan juga dikenal dengan olahannya yang tidak biasa dibandingkan kuliner mie lainnya di Nusantara. Anda mungkin mengenal masakan yang kaya rempah dengan sajian daging atau sayuran lain di dalamnya. Nah yang ini sangat beda. Mie gomak Medan sangat unik karena dimasak dengan rempah yang sangat banyak. Anda mungkin perlu mencobanya karena sangat jarang mie dimasak dengan rempah sedemikian rupa.

 

 

Penyajian Mie Gomak Medan

 

Awalnya, diketahui bahwa kata “gomak” yang artinya digenggam menjadi salah satu kunci cara penyajian mie gomak medan juga menjadi bagian sejarah mie. Namun kini terkuak bahwa yang digenggam hanyalah bumbunya, mie hanya digenggam oleh pembuatnya jika perlu saja karena menjaga kehigienisan untuk kepercayaan pelanggan.

 

Dahulunya, penyajian mie gomak medan memang digenggam-genggam menggunakan tangan. Beberapa sejarah menyangsikan jika genggaman tersebut menjadi asal-usul nama mie gomak.

 

Penyajiannya sangat berbeda juga dari kebanyakan mie yang sering Anda lihat. Mie gomak Medan disajikan di dalam sebuah wadah tersendiri, dipisah dengan kuah dan sambalnya. Biasanya pembeli akan menuangkan kuah yang penuh dengan rempah asli Sumatera diatas mie sebelum menikmatinya.

 

tourtoba.com - makanan batak - kuliner khas medan - mie gomak medan
Mie Gomak , Makanan Khas Batak

 

Mie yang dipakai untuk membuat kuliner ini adalah jenis mie lidi. Menurut banyak orang, ketika sudah dimasak mie gomak Medan akan memiliki wujud seperti mie Aceh namun ukuran mienya lebih besar dan isinya lebih padat.

 

Uniknya, mie gomak juga sering disebut dengan spaghetti batak karena sekilas sangat mirip dengan makanan spaghetti khas Italia. Apalagi jika mie asli batak ini penyajiannya dipisahkan dengan saus beserta kuahnya, maka akan sangat mirip. Tekstur mie gomak  yang memang seperti bahan spaghetti juga menjadi salah satu faktor mie ini mendapatkan julukan lain.

 

 

Tempat Menemukan Mie Gomak Medan

 

Salah satu tempat menikmati Mie Gomak yaitu di Pasar Balige. Anda cukup mencari lapak Ibu Lina yang menjual Mie Gomak. Akan tetapi jika Anda tidak sempat ke Pasar Balige, banyak di warung-warung sepanjang Balige.

 

tourtoba.com - makanan batak - kuliner khas medan - mie gomak medan
Warung Ibu Lina di Pasar Balige

 

tourtoba.com - makanan batak - kuliner khas batak - mie gomak medan
Pencinta Mie Gomak Medan

 

Yang perlu dicatat nih, Mie Gomak memiliki harga yang ramah dikantong. Anda cukup mengeluarkan Rp 5000 untuk mendapatkan seporsi Mie Gomak. Oleh karenanya kalau berkunjung ke Sumatera Utara, jangan lupa mencicipi spaghetti batak ini.

 

 

Baca juga: Oleh-oleh khas Medan Manisan Jambu Medan

 

Liburan Danau Toba

1 thought on “Mie Gomak Medan : Spaghetti nya Sumatera Utara Makanan Batak Toba”

  1. nah salah satu jajanan yang harus di coba juga, yaitu mie lidi dan makaroni yang populer di tahun 90-an ini, kembali booming dengan kemasan yang kekinan serta ragam varian rasa yang mampu menggoyang lidah pecinta kuliner.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *