Fakta Tentang Bandara Silangit

Dikutip dari Wikipedia, disebutkan bahwa Bandara Silangit Siborong-borong adalah salah satu dari tujuh bandara di Provinsi Sumatera Utara yang letaknya berada di tengah-tengah antara 8 kabupaten di sekitar Danau Toba. Bandara ini berjarak sekitar tujuh kilometer dari pusat kota Siborong-borong.

Apa saja Faktanya Bandara Silangit Siborong-borong?

Faktanya adalah Bandara Silangit Siborong-borong adalah salah satu bandara tertua di Indonesia. Ternyata bandara ini sudah ada sejak zaman penjajahan Jepang. Saat itu masih merupakan lapangan rumput karena jenis pesawat yang mendarat adalah jenis pesawat ringan. Ketika Jepang dikalahkan oleh Perang Dunia II, semua pesawat Jepang dipindahkan ke Bandara Silangit.

Bandara Silangit Siborong-borong

Fakta selanjutnya adalah bahwa sekitar tahun 1950-an Presiden Indonesia pertama Ir Soekarno juga sudah pernah mendarat di Bandara Silangit. Selanjutnya Presiden SBY, kabarnya ia telah mendarat tiga kali di bandara ini dan terakhir pada peresmian operasi Banda Silangit pada tahun 2005. Dan pada Maret 2016 Presiden Jokowi juga mendarat di bandara ini untuk meninjau perkembangannya menggunakan pesawat CN-295.

Bandara Silangit kini telah memasuki tahap penyelesaian pembangunan menjadi bandara internasional. Dimulai dengan pembenahan ekstensi landasan dari 2200 meter menjadi 2650 meter, dan serta pelebaran dari 30 meter menjadi 45 meter. Ditargetkan pada awal 2018 Bandara Silangit memiliki status bandara internasional. Kren ya ?!Nanti semua jenis pesawat, termasuk Boeing 737-800, bisa mendarat.

Sejak pengoperasian Bandara Silangit di Siborongborong, mulai tahun 2011, gairah pariwisata di Sumatera Utara, terutama di Tapanuli Utara dan daerah Danau Toba, telah muncul kembali. Dari durasi perjalanan bandara di Kualanamu ke tempat-tempat wisata selama lebih dari empat jam, sekarang dipotong menjadi sekitar satu jam, terutama ke daerah Danau Toba. Kren kan?

Apa saja fasilitas di Bandara Silangit? Ok, sampai sekarang ada ruang VIP, ruang shalat & perangkat doa, ada koneksi Wi-Fi untuk internet (tidak pernah dicoba secara gratis atau tidak), ada charger ponsel, taman bermain anak-anak, ruang menyusui, informasi tv dan surat kabar dan majalah, toilet, kursi roda dan area merokok.

Penerbangan langsung dari Jakarta ke Bandara Silangit Siborong-borong pertama dilayani oleh Garuda Indonesia pada 22 Maret 2016, diikuti oleh Sriwijaya Air pada 26 April 2016.

Karena pengembangan Bandara Silangit menuju status Bandara Internasional, adalah mungkin untuk rute internasional di Bandara Silangit, yaitu ke dan dari Singapura atau Kuala Lumpur, Malaysia sehingga dapat menarik wisatawan asing, terutama dari Cina. makin lebih bangga kan?

Baca Juga : Kota Tarutung, Si Kota Durian Yang Memiliki Cerita Tersendiri

Leave your comment

%d bloggers like this: