Percakapan Bahasa Batak

Contoh Percakapan Bahasa Batak Sehari-hari

Bagi Anda yang sedang mempelajari Bahasa Batak, Anda bisa mempelajarinya dengan menggunakan contoh percakapan Bahasa Batak sehari-hari. Digunakannya percakapan sehari-hari bertujuan agar Anda mudah mempraktikannya sehingga pembelajaran Bahasa Batak Anda bisa berkembang dengan cepat.

Jika Anda pemula, Anda sangat disarankan untuk belajar bahasa keseharian agar lebih mudah memahaminya. Berikut ini merupakan contoh-contoh percakapan yang bisa Anda gunakan untuk belajar.

Daftar contoh percakapan bahasa Batak sehari-hari

Contoh percakapan yang pertama dimulai dengan percakapan untuk mengenalkan diri kepada orang-orang.

“Horas, ise de goarmu”? artinya adalah “Halo , siapa nama kamu?”. Untuk menjawabnya, Anda bisa menggunakan kalimat berikut ini “Horas, molo goarhu si Mega do” yang berarti “Halo juga, nama saya Mega”. Nah, jika Anda menginginkan untuk bertanya balik mengenai namanya, Anda bisa bertanya dengan menggunakan kalimat “Molo goar ni ito”?. Artinya adalah “kalau nama ito siapa?”

Untuk perkenalan, bisa juga dengan menanyakan “Ai pardia do hamu Lae?”. Artinya adalah “Lae orang mana?”. Jika Anda ditanya seperti itu, Anda bisa menjawab “Au par Siantar do lae?” yang memiliki arti “Aku orang Siantar”.

Setelah percakapan mengenai perkenalan, kini percakapan untuk menanyakan aktivitas. Anda bisa menggunakan contoh percakapan Bahasa Batak ini untuk sekedar basa-basi.

Contoh kalimatnya adalah “Horas Omak, marhua nuaeng Omak”. Artinya yaitu “Horas ibu. Ibu sedang apa?” Anda hanya tinggal mengganti subjek sesuai dengan lawan bicara Anda. Anda perlu mengetahui sebutan untuk teman, kakak, orang yang lebih tua dan lain-lain ketika bercakap.

Untuk menanyakan kabar, Anda bisa menanyakannya dengan kalimat “boha kabar?” yang berarti “apa kabar?”. Untuk menanyakan tempat tinggal, Anda bisa menggunakan kalimat “Didia  hamu maringanan?” yang berarti “ Dimana kamu tinggal ?”.

Meskipun disebut Bahasa Batak, namun mungkin ada perbedaan percakapan antara sub suku Batak satu dengan yang lain. Sebagai contoh yaitu bahasa Batak Karo dan Bahasa Batak Toba memiliki perbedaan. Nah, jika Anda ingin belajar bercakap Batak, Anda bisa mempelajarinya dengan contoh percakapan bahasa Batak jenis tertentu sesuai ketertarikan Anda.

 

Baca Juga : Sitor Situmorang, Sastrawan Terkenal Asal Batak

Leave your comment

%d bloggers like this: