Mengenal Lebih Dekat Makam Raja Sidabutar

Wisata Danau TobaPulau Samosir yang begitu menawan telah menyimpan berbagai peninggalan sejarah, salah satunya, Makam Raja Sidabutar.

Begitu para wisatawan memasuki objek wisata danau toba, para wisatawan akan disuguhkan oleh pemandangan yang mempesona dari setiap sudut lempengan bukit-bukit yang ada di sekitaran danau Toba.

Sedangkan akses untuk bisa sampai di Makam Raja Sidabutar, wisatawan harus terlebih dahulu menyebrang ke pulau samosir dengan kapal Feri.

Para wisatawan yang hendak berkunjung ke Makam Raja Sidabutar di Desa Tomok harus mengenakan kain ulos dan akan didamping oleh pemandu wisata.

Di sekitaran makam tersebut terdapat 3 makam raja lainnya dan beberapa makam kerabat Raja Sidabutar.

Kedua Raja periode awal ini menganut sistem kepercayaan Animisme atau yang disebut parmalin dan belum mengenal agama.

Makna Filosofi Ornamen Makam Raja Sidabutar

Makam ini tidak seperti makam pada umumnya yang terletak di bawah permukaan tanah.

Istimewanya, makam raja sidabutar ini terletak di atas permukaan tanah dan tersusun dengan bebatuan bersama dengan ukiran gambar.

Terdapat ukiran gambar kepala yang besar sebagai simbol dari sang Raja, dan ada pula ukiran gambar yang lebih kecil sebagai simbol dari permaisuri sang Raja Sidabutar, Boru Damanik.

makam raja sidabutar
dimedan.co

Di atas makam tersebut juga terdapat Selendang dengan 3 warna yang terbentang di atasnya. Makna simbol warna selendang pada makam raja tersebut antara lain:

  • Putih sebagai simbol Spiritual (suci).
  • Merah sebagai simbol bumi (tenang).
  • Dan yang hitam sebagai simbol tanah (kematian).

Pembuatan makam ini telah dipersiapkan langsung oleh sang Raja sendiri dengan memanggil tukang pahat yang tinggal di pulau samosir.

Makam ini merupakan peninggalan jaman megalitikum yang sudah terjaga selama 450 tahun.

Makam Raja Sidabutar konon meninggalkan mitos yang dipercayai oleh masyarakat sekitar bahwa sang Raja memiliki kesaktian yang terletak dari rambut panjang dan gimbalnya.

Jika rambut sang raja dipotong maka hilanglah kesaktiannya, tutur warga sekitar.

Jikapun harus dipotong, maka sisa potongan rambut tersebut akan diikatkan di ujung lembang yang benama Tunggal Pangaluh. Kini benda tersebut sekarang sudah tersimpan di dalam museum batak.

Ditulis oleh Elsa Sasa

Baca juga artikel Kawasan Kampung Batak Toba dan Desa Tomok

Liburan Danau Toba

1 thought on “Mengenal Lebih Dekat Makam Raja Sidabutar”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *