Wisata Taman Alam Lumbini, Pagoda Terbesar di Sumatera Utara

Wisata Berastagi – Wisata Taman Alam Lumbini, Karo, Sumatera Utara – Taman alam Lumbini merupakan sebuah destinasi wisata seluas 3 hektar, terdiri dari sebuah taman dan merupakan rumah dari pagoda tertinggi di Indonesia, sekaligus tertinggi kedua di Asia Tenggara.

Sebuah Pagoda berdiri megah di Desa Tongkoh, Kecamatan Dolat Rayat, Kabupaten Karo. Pagoda yang diberi nama Lumbini ini berfungsi sebagai tempat beribadah untuk umat Budha, sekaligus tempat wisata untuk semua orang baik mancanegara atau pun lokal.

Baca Juga Wisata Bukit Gundaling Berastagi.

TourToba.com - Wisata Danau Toba - Wisata Taman Alam Lumbini - Wisata di Berastagi - Lumbini - Wisata karo Sumatera Utara - Pagoda Lumbini

Wisata Taman Alam Lumbini

Berlokasi di Berastagi, Sumatera Utara, taman ini merupakan salah satu tempat wisata yang wajib kalian kunjungi saat liburan. Diresmikan pada Oktober 2010, sekitar 1.300 biarawan dan 200 orang dari seluruh dunia mengunjungi tempat wisata alam Lumbini.

Menurut mereka yang menganut kepercayaan Budha, nama Lumbini merupakan nama tempat Siddharta Gautama yang berada di Nepal. Pagoda ini merupakan replika Pagoda Shwedagon yang berlokasi di Yangon, Myanmar, yang dikelilingi dengan taman seluas 3 hektar.

Lihat Juga Pakaian Adat Batak.

Dengan ketinggian 46,8 meter, panjang 68 meter, lebar 68 meter, 30 Rupang Arahat, 2.958 Rupang Budha dan 108 relik suci, pagoda yang dilapisi warna emas ini terlihat sangat megah dan mewah.

Pagoda di Taman Alam Lumbini ini adalah area yang suci, karena selain menjadi tempat wisata juga menjadi tempat beribadah, makanya harus memakai pakaian yang suci. Kalian dapat berfoto dimana saja, asalkan tidak mengambil foto interiornya.

TourToba.com - Wisata Danau Toba - Wisata Taman Alam Lumbini - Wisata di Berastagi - Lumbini - Wisata karo Sumatera Utara - Pagoda Lumbini

Taman Alam Lumbini

Siap siap betah di taman alam Lumbini, mulai dari pintu masuk kalian akan disuguhi taman berbukit-bukit. Jika masuk ke halaman utamanya saja, kalian harus menyebrangi jembatan gantung Lumbini sepanjang 20 meter dengan nama Titi Lumbini.

Baca Juga Pantai Bebas Sukean.

Di sekelilingnya dihiasi dengan lentera-lentera gantung yang menambah keindahan taman alam Lumbini. Walaupun halamannya sangat terbuka, tapi udara di taman alam Lumbini terasa sejuk, karena Berastagi merupakan dataran tinggi yang diapit dua gunung berapi aktif (gunung Sibayak dan Gunung Sinabung.

Jadi jangan lupa bawa jaket, terutama bagi kalian tidak terlalu tahan dengan hawa atau udara yang dingin.

Lokasi Menuju Taman Alam Lumbini

Untuk menuju ke wisata alam Lumbini dari medan, kalian bisa menyewa mobil dan menempuh jalur darat Medan – Sibolangit – Berastagi dalam waktu 2-3 jam, tergantung kondisi lalulintas. Kalian juga bisa menaiki angkutan umum menuju Berastagi dengan biaya Rp 10.000.

Liburan Danau Toba

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *