Beragam Jenis Ulos Menurut Motif Ornamen

Ornamen ulos disebut Gorga dan motifnya disebut ragi. Meskipun secara terpisah ada berbagai motif dalam sepotong ulos, tetapi ada bagian-bagian yang merupakan karakteristik lain, terutama yang menjadi pembeda dari ulos dan itu adalah tema ulos serta namanya. Beberapa jenis ulos sesuai tema atau motif hiasan termasuk ulos

1. Ulos Ragidup

Jenis Ulos

Ulos ini dapat digunakan untuk berbagai keperluan pada upacara duka dan upacara sukacita. Pada zaman kuno itu juga digunakan untuk “Mangupa Tondi” (mengkonfirmasi semangat) dari seorang anak yang baru lahir. Ulos juga digunakan oleh suhut habolonan (tuan rumah). Inilah yang membedakannya dari yang lain, yang dalam versi “Penguasaan Na Tolu” disebut dongan Tubu.

2. Ulos Jugia

Ulos juga disebut “ulos naso rapipot atau pinunsaan”. Apa yang biasanya digunakan oleh pria. Jenis ulos ini, menurut kepercayaan Batak, tidak dapat digunakan oleh orang-orang yang sembrono, kecuali mereka yang memiliki Saurmatua, yaitu semua putra dan putri mereka yang menikah dan memiliki anak.

3. Ulos Ragi HotangJenis Ulos

Ulos pernah diberikan kepada pengantin sebagai ulos hela, yang berarti ikatan dalam pengantin dan pengantin wanita bisa sekuat ikatan rotan, tetapi akhir-akhir ini kita telah melihat ulos ini digunakan sebagai “Hotang Ulos”. Ulos ini juga bisa diberikan di acara manga-upa atau pihak lain yang senang.

4. Ulos Sibolang

Jenis Ulos

Ulos ini dapat digunakan untuk kesedihan atau sukacita. Untuk acara duka, warna hitam dipilih dan banyak digunakan untuk ulos saur matua, ulos hingga upacara pernikahan, ulos ini biasanya digunakan sebagai penutup dekat dan dapat dibawa sebagai “hande hande”.

5. Ulos MangiringJenis Ulos

Ulos ini memiliki pola / ragi yang saling miring, yang melambangkan kesuburan dan kesepakatan. Orang tua sering diberikan kepada cucu-cucu mereka, seperti Ulos Parompa sehingga nantinya saudara-saudara mereka akan ditemani oleh anak laki-laki dan perempuan.

6. Maratur Star Ulos

Pola ragi / Ulos ini menggambarkan serangkaian bintang yang teratur, menggambarkan orang-orang yang patuh, rajin, setia dan setia atau ikatan keluarga. Dalam kehidupan sehari-hari, pada awalnya memberi setiap hari, pada awalnya memberikan ulos ini sebagai “Ulos Mula Gabe” kepada ayahnya yang melahirkan anak pertamanya yang menunjukkan kasih sayang orang tua kepada ayahnya.

7. Ulos Jungkit

Ulos adalah jenis ulos “Nanidongdang” atau ulos paradu (permata). Ulos digunakan untuk digunakan oleh gadis-gadis dan keluarga Raja-raja untuk hoba-hoba digunakan untuk dada. Juga digunakan pada saat menerima tamu yang diperbesar atau pada saat menikah.

8. Ulos Sadum

Ulos ini berwarna cerah, sehingga sangat cocok untuk kesenangan. Begitu indahnya ulos sedum ini sehingga sering digunakan sebagai kenang-kenangan bagi pejabat resmi atau tamu istimewa.

Ulos biasanya digunakan oleh raja / orang kaya atau orang yang dihormati sebagai ulos “edang-edang” (digunakan saat pergi ke undangan). Ulos ini diberikan kepada pengantin perempuan oleh keluarga, jatuh sesuai dengan versi (tohonan) dari na tolu di luar makna balon, Ulos ini juga dapat diberikan pada saat “manga-upa” dalam pesta bahagia (Ulaon). silas ni roha)

 

Baca Juga : Beragam Jenis Ulos Karo Dari Sumatera Utara

Liburan Danau Toba

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *