Masjid Raya Al-Osmani Tempat Wisata Religi Terbaik Di Kota Medan

WISATA DANAU TOBA – TOUR TOBA

Masjid Raya Al-Osmani dapat dijadikan pilihan wisata religi bagi kamu yang tinggal atau sedang berkunjung di daerah Medan. Pasti kamu merasa penasaran dengan bangunan dan daya tarik yang ada di dalam masjid ini bukan? Bagi kamu yang tertarik, segeralah mendatanginya di jalan Yos Sudarso KM 17,5 Kelurahan Pekan Labuhan, Kecamatan Medan Labuhan, Kota Medan Sumatera Utara. Masjid ini letaknya di sebelah utara kota Medan  sekitar 20 km ke arah pelabuhan belawan.

Sejarah Masjid Al Osmani

 

Sejarah masjid Al Osmani bermula ketikka Tuanku Panglima Pasutan memindahkan pusat kerjajaan dari padang datar (sebutan kota medan waktu itu) ke kampung Alai (sebutan untuk Labuhan Deli) dan membangun istana kerajaan yang lokasinya berasa di depan Masjid Al Osmani.

Tercatat ada enam Sultan Deli yang pernah bertahta mendiami Istana Kerajaan Melayu Deli, diantaranya adalah

  • Sultan Deli ke-4 Tuanku Panglima Pasutan (berkuasa 1728-1761)
  • Sultan Deli ke-5 Tuanku Panglima Gandar Wahid (1761-1805)
  • Sultan Deli ke-6 Sultan Amaluddin Perkasa Alam (1805-1850)
  • Sultan Deli ke-7 Sultan Osman Perkasa Alam (1850-1858)
  • Sultan Deli ke-8 Sultan Mahmud Perkasa Alam (1858-1873)
  • Sultan Deli ke-9 Sultan Ma’mum Al Rasyid Perkasa Alam (1873-1924).

 

Masjid Raya Al-Osmani
Sumber : armansyahputra.com    

Daya tarik Masjid Raya Al-Osmani 

 

 

Bila kamu sudah tak asing lagi dengan istana Maimun yang terkenal di Medan, bangunan ini mempunyai arsitektur yang mirip. Hal ini dikarenakan bangunan ini merupakan peninggalan kerajaan Deli. Bentuk, arsitektur dan warna yang didominasi dengan warna kuning merupakan ciri khas utamanya. Warna kuning adalah symbol dari warna kebesaran kesultanan Melayu yang tetap dilestarikan dari masa ke masa.

Apa Yang Membuat Masjid Ini Menjadi Unik?

Yang mengagumkan lagi, bangunan ini adalah perpaduan dari arsitektur Cina, Spanyol, Melayu dan juga Timur Tengah. Dahulu, saat dibangun di tahun 1854 bangunan ini didirikan menggunakan bahan kayu. Selanjutnya di tahun 1870an direnovasi sehingga menjadi bangunan permanen dan diperluas. Sebelumnya ukurannya hanya 16 x 16 meter dan direnovasi menjadi 26 x 26 meter. Setelah beberapa kali mengalami renovasi, saat ini jumlah halaman dan masjidnya ukurannya 30 x 40 meter

 

 

Kemegahan dan pesona dari Masjid Raya Al-Osmani  memang sangat mengagumkan dan megah. Ornament ukiran di bagian pintu dan juga sudut bangunan terlihat sangat indah dan memperjelas aksen peninggalan Melayu. Kubahnya juga tak kalah megah dengan bentuk persegi delapan yang dibuat dari material tembaga. semuanya bertumpu di bangunan yang kokoh dan terlihat sempurna.

 

Kebesaran Masjid Al Osmani juga menarik para petinggi negara untuk singgah dan melakukan ibadah sholat disini, Diantara tercatat Mentri Kehutanan RI Ir.Zulkifli Hasan SE M dan Menteri Perekonomian Ri Ir. Hatta Rajasa.

 

Nah, jangan berfikir terlalu lama untuk mengunjungi Masjid Raya Al-Osmani. Pasti kamu akan merasa kagum dengan indahnya rumah Allah ini dan merasa bahagia dapat merasakan salat ditempat yang bersejarah. Semoga kita senantiasa dapat menjaga rasa keimanan kita dan bersyukur memiliki banyak tempat ibadah yang megah. Jangan lupa pula mengabadikan kunjungan kamu ke tempat ini dalam foto agar selalu dapat dikenang.

 

Segeralah mendatanginya di jalan Yos Sudarso KM 17,5 Kelurahan Pekan Labuhan, Kecamatan Medan Labuhan, Kota Medan Sumatera Utara. Jika masih bingung berikut lokasinya.

 

Baca Juga : Lokasi Wisata Menarik Di Sekitar Daerah Siborongborong

 

Leave your comment

%d bloggers like this: