Daftar Makanan Legendaris Sumatera Utara Yang Lezat

Wisata Danau Toba – Kuliner Sumatera Utara menjadi salah satu hal yang perlu disambangi dan disandingkan untuk Indonesia. Hal ini dikarenakan citarasa dan bumbu khas di Sumatera Utara adalah alasannya. Yaps tepat sekali, makanan khas di sini memang mengutamakan rempah.

Seperti kuliner di Medan yang menjadi pusat pemerintahan Provinsi banyak dipengaruhi oleh rasa dan aroma dari seluruh etnis dan suku di Provinsi yang memiliki danau terbesar di Asia Tenggara.

Sambal andaliman - oleh oleh danau tobaTour Toba - Wisata Danau Toba - The Ultimate Guide To Lake Toba - Paket Wisata Danau Toba - Hotel Terbaik di Sekitar Danau Toba - Restoran Terbaik di Samosir - Tempat Wisata Di Sekitar Danau Toba - Panduan Wisata Danau Toba dan Pulau Samosir - TourToba.com - Wisata Danau Toba - makanan khas sumatera - makanan khas Tanuli - makanan khas Batak - Makanan khas medan - pakaian adat batak - Saksang

Daftar Makanan Legendaris Sumatera Utara

Sambal Tuktuk

Citarasa pedas memang selalu meliputi makanan di sini, salah satunya adalah sambal Tuktuk yang berasal dari Tapanuli. Sebenarnya bahan untuk membuatnya tidak berbeda dengan bahan sambal lainnya, yang membedakannya adalah sambal dicampurkan dengan ikan aso-aso atau bisa diganti dengan ikan teri tawar yang sudah dikeringkan.

Arsik atau Ikan Mas Bumbu Kuning

Salah satu masakan khas kawasan Tapanuli yang populer dan dikenal pula dengan ikan mas bumbu kuning. Bumbu makanan legendaris Sumatera ini menggunakan beberapa komponen khas seperti andaliman dan asam cikal (buah Kecombrang) dan menggunakan bumbu umum seperti serai dan lengkuas.

Manuk Napindar

Atau juga Ayam Napindar merupakan masakan khas batak yang biasanya dihidangkan saat pesta adat tertentu. Untuk mengerjakan resep yang satu ini agak sulit, ayam dipanggang dahulu, setelah itu disiram dengan saos spesial, dicampur dengan andaliman, bawang putih bubuk lalu dimasak.

makanan khas batak karo - babi panggang karo - saksang - wisata danau toba

Saksang

Saksang atau babi panggang karo atau sangsang merupakan masakan khas dari tanah Batak yang terbuat dari daging babi atau anjing yang dicincang dan dimasak dengan menggunakan darah, santan serta rempah-rempah. Saksang menjadi makanan wajib dalam acara adat pernikahan Batak.

Dengke Mas na Niura

Makanan ini dikenal juga dengan sebutan Ikan Mas Na Niura yang mana merupakan makanan Tradisional khas Sumatera dari Tapanuli. Dahulu masakan na Niura dikhususkan untuk raja, namun karena rasanya yang enak banyak orang yang membuatnya sendiri untuk disantap sebagai lauk pauk.

Itak Gurgur

Makanan tradisional khas batak yang pada umumnya digunakan digunakan pada acara tertentu terbuat dari bahan lampet, yaitu beras yang dihaluskan secara tradisional. Makanan legendaris Sumatera ini dibuat dengan menggunakan campuran kelapa muda parut, gula pasir dan sedikit air panas.

Kue Ombusombus

Jajanan khas batak yang berasal dari Siborongborong, Tapanuli Utara merupakan kue yang terbuat dari tepung beras yang diberi gula di tengahnya dan dibungkus dengan daun pisang. Belum jelas kapan makanan legendaris sumatera ini mulai membudaya, namun pada acara seremonial adat Batak tertentu selalu muncul.

tourtoba.com - mie gomak medan - TourToba.com - Wisata Danau Toba - makanan khas sumatera - makanan khas Tanuli - makanan khas Batak - Makanan khas medan - pakaian adat batak - Saksang
Mie Gomak , Makanan Khas Batak

Mie Gomak

Mie gomak Medan juga dikenal dengan olahannya yang tidak biasa dibandingkan kuliner mie lainnya di Nusantara. Anda mungkin mengenal masakan yang kaya rempah dengan sajian daging atau sayuran lain di dalamnya. Nah yang ini sangat beda. Mie gomak Medan sangat unik karena dimasak dengan rempah yang sangat banyak.

Sasagun

Makanan ringan tradisional Sumutra ini terbuat dari tepung beras yang digongseng dengan kelapa dan dicampur dengan gula merah atau aren. Dahulu makanan ini selalu disertakan kepada anak yang akan merantau, dan juga kepada mereka yang akan pulang ke perantauan.

Baca juga Pakaian adat Batak.

Leave your comment

%d bloggers like this: