Lumban Suhi Suhi, Tempat Menarik Untuk Mengenal Kain Ulos Di Pulau Samosir

WISATA DANAU TOBA – TOUR TOBA

Lumban suhi suhi adalah sebuah daerah di kawasan provinsi Sumatera Utara tepatnya di pulau samosir. Bila kamu dari desa Tomok, untuk mencapai tempat ini membutuhkan kurang lebih 40 menit dan 20 menit bila dari Panguruan. Tempat ini sangat terkenal karena merupakan penghasil kain khas Batak. Sumatra utara tak hanya terkenal dengan keindahan alamnya seperti danau toba tetapi juga kaya dengan hasil budayanya. Alat tenun yang biasa digunakan oleh para kaumn wanita ini masih sederhana.

Lumban Suhi suhi

Daya tarik Lumban Suhi Suhi

Desa Lumban Suhu-Suhi ini sebenarmya telah lama terbentuk dengan tujuan untuk melestarikan kain tenun khas Batak agar tidak punah seiring berjalanya waktu .

Banyak pengrajin ulos yang tinggal di daerah ini. Sehingga banyak pula para wisatawan yang tertarik untuk berkunjung. Tak hanya itu saja, banyak dari mereka yang juga merasa penasaran dengan cara pembuatannya dan ingin melihat langsung bahkan mencoba membuatnya. Bila mengetahui panjangnya proses dan kerumitannya, para wisatawan pasti akan berfikir bila harganya yang mahal seimbang dengan pengerjaanya.

Kain ulos ini biasanya digunakan sebagai selendang dan lebih sering dikenakan saat ada upacara adat, pernikahan, upacara pemakaman dan juga pesta. Banyak warna dan motif di kain ulos ini dan tentu saja juga mengandung filosofi yang terselip di dalamnya. Warna cerah digunakan untuk acara pesta sedangkan warna gelap untuk acara pemakaman. Bagi para wisatawan yang berkunjung ke Lumban Suhi-suhi ini  Ulos menjadi cindera mata dari Tanah Batak ini.

Saat membeli kain ulos, jangan lupa tanyakan pula cara pencucian dan perawatan kain ini agar terjaga kualitasnya. Bila kamu merasa kesulitan dalam berkomunikasi dengan warga asli, kamu bisa menyewa pemandu wisata. Para pemandu sangat berguna bagi kamu yang bukan warga asli Sumatra. Mereka akan membantumu berkomunikasi dengan warga asli dan juga memberikan banyak informasi yang bermanfaat.

Di Lumban Suhi-Suhi, nuansa alam yang disajikan juga membuat para wisatawan merasa sangat rileks. Perpaduan danau toba dan alam sekitar menjadi suatu harmoni alam yang dapat melepaskan ketegangan pikiran. Jadi tak ada salahnya kamu memilih tempat ini untuk meredakan ketegangan karena padatnya jadwal kerja yang melelahkan.

Tak hanya itu, dalam proses pembuatan kain Tenun Ulos, Para pengrajin Lumban Suhu-suhi menggunakan bahan-bahan pewarna alami yang berasal dari tumbuh-tumbuhan agar kualitasnya terjaga dan tidak mudah luntur.

Berkunjung ke Lumban Suhi Suhi rasanya tak lengkap bila kamu tidak membeli ulos sebagai oleh-olehnya. Pasti kamu akan lebih mengenang pulau ini bila membawa buah tangan khasnya. Namun jangan lupa menanyakan harga kain ulos sebelum membelinya karena setiap penjual mematok harga yang berbeda-beda. Siapa tahu kamu akan mendapatkan kain yang berkualitas bagus dengan harga yang lebih murah.

Baca Juga : Inilah Rumah Adat Karo Di Desa Lingga Sebagai Bagian Wisata Budaya

 

Liburan Danau Toba

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *